Show simple item record

dc.contributor.authorKristanti Dinar Prita Sari
dc.date.accessioned2013-12-19T09:15:59Z
dc.date.available2013-12-19T09:15:59Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM070210301051
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10624
dc.description.abstractMetode yang biasa digunakan oleh guru ekonomi kelas X di SMA Negeri 2 Jember adalah Metode Diskusi. Siswa dibagi dalam beberapa kelompok, dan diberi tugas untuk melakukan observasi dan mengkaji fenomena yang ditemui disekitar, yang terkait dengan materi pelajaran. Kemudian, siswa mendiskusikan dan melaporkan hasil temuannya dengan cara mempresentasikan di depan kelas. Proses pembelajaran yang berlangsung dapat membuat siswa terlibat secara aktif dalam mengikuti pelajaran. Siswa dituntut harus menemukan hubungan materi yang dipelajari dengan situasi kehidupan nyata yang ditemui sehari-hari. Proses belajar yang baik ini, berakibat pada hasil belajar yang baik. Guru kelas X menginginkan adanya variasi dan inovasi dalam pembelajaran yang dapat lebih mengoptimalkan hasil belajar siswa. Untuk itu, peneliti menawarkan konsep pembelajaran yang baru dan berbeda kepada guru bidang studi ekonomi yaitu Metode Every One is Teacher Here. Pokok bahasan permintaan dan penawaran membahas tentang pengertian permintaan dan penawaran, faktor-faktor yang mempengaruhi jumlah permintaan dan penawaran, hukum permintaan dan penawaran serta menggambar kurva permintaan dan penawaran. Every One Is Teacher Here merupakan suatu metode pembelajaran untuk meningkatkan partisipasi kelas secara keseluruhan dan secara individual. Metode ini memberikan kesempatan kepada setiap siswa untuk berperan sebagai guru bagi temannya. Siswa yang selama ini tidak mau terlibat secara aktif dalam pembelajaran, dituntut untuk memiliki keberanian dalam berkomunikasi aktif melalui kegiatan bertanya, mengemukakan gagasan atau pendapatnya. enelitian ini merupakan jenis penelitian komparasional yang bertujuan untuk mengetahui Perbedaan Penggunaan Metode Diskusi dengan Every One is Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Jember Tahun Ajaran 2011/2012. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 2 Jember dimana subyek yang diteliti adalah siswa kelas X. Metode penentuan lokasi menggunakan metode purposive area. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.6 sampai dengan kelas X.10. Sampel yang digunakan adalah kelas X.9 sebagai kelas kontrol, yaitu kelas yang menggunakan Metode Diskusi dan kelas X.7 sebagai kelas eksperimen yaitu kelas yang menggunakan Every One is Teacher Here. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. Sebelum melakukan uji t terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan anova dan dilakukan uji normalitas menggunakan chi square. Hasil uji analisis data pada ulangan harian menunjukkan harga t = 2,275. Harga t tes ini dikonsultasikan dengan harga t dengan db = 78 , pada taraf signifikasi 5% yaitu sebesar 1,99 sehingga diperoleh nilai t viii tabel tes > t . Dengan demikian, nilai t tes > t , sehingga dari hasil tersebut dapat dinyatakan bahwa hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima, artinya ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar dari kelas kontrol dengan kelas eksperimen. Nilai rata-rata siswa pada kelas yang menggunakan pembelajaran Metode Diskusi sebesar 85,6, sedangkan nilai rata-rata siswa pada kelas yang menggunakan Metode Every One is Teacher Here sebesar 88,9. Hal tersebut menunjukkan bahwa Metode Every One Is Teacher Here lebih baik dibandingkan dengan Metode Diskusi.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210301051;
dc.subjectMetode Diskusi dengan Every One is Teacher Hereen_US
dc.titlePERBEDAAN PENGGUNAAN METODE DISKUSI DENGAN EVERY ONE IS TEACHER HERE TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 2 JEMBER TAHUN AJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record