• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Unsur Intrinsik pada Kisah 75 Orang Pemberani dari Nusantara oleh Hapsari Hanggarini serta Pemanfaatannya sebagai Materi Ajar Tema 4 Kelas IV SD

    Thumbnail
    View/Open
    doc.pdf (2.963Mb)
    Date
    2021-12-08
    Author
    MASHARI, Firmaniza Fathana
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Permendikbud No. 67 Tahun 2013 menjelaskan bahwa tujuan dari kurikulum 2013 yaitu guna membentuk peserta didik menjadi individu yang beriman, kreatif, serta produktif untuk memajukan bangsa dalam tingkat global. Upaya dalam menunjang tujuan tersebut, maka perlu penguatan nilai karakter dengan melaksanakan pendidikan karakter melalui bahasa Indonesia. Salah satunya menganalisis unsur intrinsik pada cerita yaitu tema, tokoh, penokohan, latar, dan amanat yang sesuai pada pembelajaran kelas IV SD, pada KD 3.5 Menguraikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra (cerita, dongeng, dan sebagainya), serta pada KD 4.5 Mengkomunikasikan pendapat pribadi tentang isi buku sastra yang dipilih dan dibaca sendiri secara lisan dan tulis yang didukung oleh alasan. Salah satu karya sastra berupa cerita rakyat yang dapat digunakan sebagai penelitian ialah buku yang berjudul “Kisah 75 Orang Pemberani dari Nusantara” oleh Hapsari Hanggarini. Rumusan masalah pada penelitian ini ialah (1) Apa sajakah unsur intrinsik yang terdapat pada “Kisah 75 Orang Pemberani dari Nusantara” oleh Hapsari Hanggarini?; (2) Bagaimana pemanfaatan analisis unsur intrinsik pada “Kisah 75 Orang Pemberani dari Nusantara” oleh Hapsari Hanggarini sebagai alternatif materi ajar di tema 4 kelas IV SD?. Jenis penelitian yang dapat digunakan ialah deskriptif-kualitatif. Data yang digunakan ialah cerita rakyat “Kisah 75 Orang Pemberani dari Nusantara” oleh Hapsari Hanggarini serta buku guru dan buku siswa kelas IV SD semester 1 kurikulum 2013 edisi revisi 2017 yang mengindikasikan pemanfaatan hasil penelitian, dengan menggunakan metode penelitian berupa dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah teknik analisis data kualitatif analitik, dengan dilakukan tiga tahapan. Hasil analisis pada 10 kisah dalam buku 75 Kisah Orang Pemberani dari Nusantara karya Hapsari Hanggarini yang di teliti memuat lima unsur intrinsik. Unsur intrinsik yang dapat ditemukan dalam 10 cerita tersebut berupa tema, tokoh, penokohan, latar, serta amanat. Unsur intrinsik pada masing-masung cerita bervariasi, salah satunya dapat dicontohkan berupa tema, dimana pada 10 cerita yang diteliti memiliki beragam tema, seperti kepahlawanan, kegoisan, pengorbanan, kedermawanan, perjuangan, dan sebagainya. Tokoh utama dan pendukung memiliki watak yang bervariasi pula, seperti tokoh protagonis yang digambarkan sebagai sosok yang penyabar, suka menolong, dan pemaaf, dicontohkan seperti Gajah Merik, Dermawan, Tasahea, Yongker, Towjatuwa, Raja Bikau Bermano, Haji Naipin, Ratna Manggali, Raja Erlangga, Empu Baradha, Raden Kusen, Prabu Brawijaya V, Sunan Ampel, Putri Campa, Warga desa, Raja Bedahulu, Raja Kodi, para Pembesar Sorume, dan lain sebagainya. Tokoh antagonis yang digambarkan sebagai sosok yang jahat, keji, licik, dan serakah, dicontohkan seperti Muzakir, Raja ular, penjajah Belanda, dan Calon Arang. Unsur intrinsik berupa latar, hanya terdapat salah satu cerita yang tidak menunjukkan adanya latar waktu di dalamnya. Amanat yang dilampirkan penulis berupa sikap dan sifat oleh tokoh yang dapat dijadikan tauladan. Hasil pengkajian 10 cerita tersebut, dapat dimanfaatkan sebagai materi ajar kelas IV SD pada KD 3.5 dan 4.5. Berdasarkan hasil penelitian, maka saran yang dapat diberikan, yaitu bagi peserta didik, penelitian ini dapat dijadikan motivasi dan minat baca memahami karya sastra; bagi penulis buku, diharapkan memotivasi menciptakan karya sastra sebagai penunjang pembelajaran; bagi kepala sekolah, diharapkan memperluas referensi bacaan pada peserta didik pada karya sastra; bagi pihak guru, diharapkan digunakan sebagai materi ajar pada materi unsur intrinsik; dan bagi peneliti lain, menjadi referensi penelitian menganalisis unsur intrinsik dengan karya sastra yang berbeda.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/106231
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15274]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository