Show simple item record

dc.contributor.authorDoni Bastiantoro
dc.date.accessioned2013-12-19T08:55:10Z
dc.date.available2013-12-19T08:55:10Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM060210391054
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10615
dc.description.abstractProses pembelajaran ekonomi yang selama ini berlangsung di SMA N 1 pakusari masih konvensional, dengan menggunakan media papan tulis dan OHP. Hal tersebut berdampak pada rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa terhadap materi yang dipelajari. Siswa harus berpartisipasi secara langsung dalam proses pembelajaran agar memudahkan siswa dalam mengingat dan memahami materi yang diajarkan. Oleh karena itu guru harus selektif dalam memilih media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran ekonomi khususnya materi pelaku ekonomi agar dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Pokok materi pelaku ekonomi untuk siswa kelas X mempunyai komponenkomponen yang sangat kompleks. Sumber belajar yang dibutuhkan banyak yang tidak dapat diterjunkan ke kelas dan siswa harus terjun langsung ke lapangan untuk mengetahui keadaan yang riil. Untuk dapat melaksanakannya dibutuhkan waktu lama dan pengorganisasian siswa yang cenderung sulit, sehingga dalam proses pembelajaran diperlukan bantuan media yang efektif dan efisien yang dapat menampilkan gambar dan video yang berhubungan dengan pokok materi pelaku ekonomi. Salah satu media yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran ekonomi pokok materi pelaku ekonomi adalah media CD Interaktif. Media tersebut digunakan sebagai penyalur pesan pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dalam proses komunikasinya, untuk mengatasi kejenuhan siswa selama menerima materi pelajaran. Menurut Hofstetter (dalam Mulyanta dan Marlon, 2009:1) multimedia dalam dunia komputer adalah pemanfaatan komputer untuk menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi) menjadi satu kesatuan link dan tool yang tepat sehingga memungkinkan pemakai multimedia dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkreasi dan berkomunikasi. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas yang dalam pelaksanaannya terdiri dari dua siklus, dimana masing-masing siklus terdiri dari 4 fase, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Pakusari di kelas X.5 pada pelajaran ekonomi pokok materi pelaku ekonomi. Pemilihan lokasi menggunakan metode purposive area, yaitu pemilihan tempat atau lokasi penelitian dilakukan dengan sengaja dan ditentukan sendiri oleh peneliti. Untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini digunakan metode, observasi, dokumentasi, wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan media Interaktif, motivasi belajar siswa menjadi meningkat. Skor motivasi belajar siswa sebelum penerapan media Interaktif sebesar 2,2, sedangkan skor motivasi belajar pada siklus I sebesar 3,1, dan pada siklus II 3,8. Motivasi belajar siswa terus mengalami peningkatan seiring dengan perbaikan cara mengajar guru. Selain itu hasil belajar siswa kelas X.5 mengalami peningkatan setelah penggunaan media Interaktif. Pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 70,73%, dan pada siklus II sebesar 87,80%. Persentase tersebut memberikan informasi bahwa hasil belajar kelas X.5 dapat dikatakan tuntas. Dari hasil penelitian tersebut diatas menunjukkan penggunaan media CD Interaktif dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Peneliti menyarankan agar guru ekonomi di SMA Negeri 1 Pakusari terus dapat menggunakan media pembelajaran tersebut untuk menunjang proses belajar mengajar.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210391054;
dc.subjectPenggunaan Media CD Interaktifen_US
dc.titlePENGGUNAAN MEDIA CD INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWAen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record