dc.description.abstract | Kasus Covid-19 di Indonesia terus mengalami peningkatan dan penyebaran yang
meluas, sehingga memicu timbulnya ketakutan dan kecemasan di masyarakat.
Perasaan cemas, takut dan khawatir yang dirasakan masyarakat pada masa
pandemi merupakan beberapa gejala emosional yang menunjukkan terjadinya
stres. Salah satu jenis stres pada masa pandemi yaitu stres kerja akibat adanya
kebijakan Work From Home (WFH). Guru merupakan salah satu jenis pekerjaan
yang berisiko mengalami stres kerja. Hal tersebut disebabkan adanya perubahan
pada sistem pembelajaran dari tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh
(Online), sehingga guru harus beradaptasi terhadap teknologi maupun media
pembelajaran baru yang akan diterapkan. Salah satu aplikasi potensial untuk
pembelajaran jarak jauh adalah google classroom. Ketidakmampuan seseorang
dalam beradaptasi dan menggunakan teknologi dapat menjadi faktor penyebab
stres kerja. Selain itu, durasi kerja guru yang fleksibel dan tidak beraturan pada
masa pandemi Covid-19 juga dapat menyebabkan stres kerja. Penelitian ini
dilakukan untuk menganalisis hubungan antara pemahaman aplikasi google
classroom dan durasi kerja selama masa pandemi Covid-19 dengan stres kerja
pada guru SMA Negeri di Kabupaten Nganjuk.
Penelitian ini termasuk penelitian analitik dengan pendekatan kuantitatif.
Penelitian dilaksanakan di 8 SMA Negeri di Kabupaten Nganjuk. Sampel dalam
penelitian ini adalah guru SMA Negeri di Kabupaten Nganjuk sebanyak 115
orang. Pengumpulan data dilakukan secara online melalui penyebaran angket
online menggunakan google Form. Instrumen yang digunakan dalam penelitian
ini adalah kuesioner DASS-42 untuk mengukur stres kerja , modifikasi kuesioner pengetahuan google classroom dan kuesioner TAM (Technology Acceptance
Model) untuk mengukur persepsi kemanfaatan dan kemudahan penggunaan
google classroom.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki tingkat
pengetahuan aplikasi google classroom dalam kategori sedang, sebagian besar
responden memiliki persepsi cukup baik terhadap kemanfaatan aplikasi google
classroom, serta sebagian besar responden memiliki persepsi cukup baik pula
terhadap kemudahan penggunaan aplikasi google classroom. Durasi kerja yang
dimiliki sebagian besar responden yaitu ≤ 2 jam. Selain itu, tingkat stres kerja
terbanyak yang dialami responden yaitu dalam kategori stres ringan, namun
terdapat beberapa responden yang mengalami stres berat. Hasil uji korelasi
spearman rho menunjukkan bahwa pengetahuan aplikasi google classroom
memiliki hubungan signifikan (p=<0,0001; Correlation Coefficient= -0,601)
dengan stres kerja dan arah hubungan negatif. Persepsi kemanfaatan aplikasi
google classroom memiliki hubungan signifikan (p=<0,0001; Correlation
Coefficient= -0,533) dengan stres kerja dan arah hubungan negatif. Persepsi
kemudahan penggunaan aplikasi google classroom memiliki hubungan signifikan
(p=<0,0001; Correlation Coefficient= -0,379) dengan stres kerja dan arah
hubungan negatif. Selain itu, durasi kerja juga memiliki hubungan signifikan
(p=0,019; Correlation Coefficient=0,218) dengan stres kerja dan arah hubungan
positif. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa pemahaman aplikasi google
classroom (pengetahuan aplikasi google, persepsi kemanfaatan aplikasi google
classroom dan persepsi kemudahan penggunaan aplikasi google classroom ) dan
durasi kerja memiliki hubungan signifikan dengan stres kerja pada guru SMA
Negeri di Kabupaten Nganjuk selama masa pandemi Covid-19.
Saran yang dapat diberikan yaitu bagi sekolah diharapkan memberikan pelatihan
terkait penggunaan aplikasi google classroom dan manajemen stres yang bersifat
wajib bagi seluruh guru, memenuhi kebutuhan konektivitas internet yang stabil
serta membentuk tim khusus untuk membantu guru dalam mengatasi hambatan
dalam pelaksanaan pembelajaran online dan melakukan pendampingan bagi guru
yang berusia lanjut. Bagi guru, diharapkan dapat aktif mengikuti berbagai kegiatan pelatihan di sekolah dan berkomunikasi dengan pihak sekolah dan rekan
guru lain terkait hambatan yang dialami selama pembelajaran online. | en_US |