Show simple item record

dc.contributor.authorRIZKA NUR RAHMANI
dc.date.accessioned2013-12-19T07:43:56Z
dc.date.available2013-12-19T07:43:56Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM070210103059
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10559
dc.description.abstractPenelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh metode pembelajaran yang kurang tepat khususnya pada siswa kelas VII A di SMP Negeri 2 Sukowono, Kabupaten Jember. Terbukti dengan perolehan nilai ulangan harian siswa pada materi pokok bahasan Organisasi Kehidupan mencapai ketuntasan hasil belajar sebesar 60% dari 25 siswa yang diukur dari tingkat hasil belajar secara klasikal dengan cara melakukan tes dan hasil tersebut belum memenuhi SKM (Standar Ketuntasan Minimal) di SMP Negeri 2 Sukowono sebesar ≥70. Proses kegiatan belajar mengajar siswa kelas VII A cenderung pasif. Aktivitas siswa kurang mendominasi kegiatan pembelajaran di kelas. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah penerapan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dilengkapi dengan Peta Konsep pada mata pelajaran IPA (Biologi) Materi Ekosistem siswa kelas VII A di SMP Negeri 2 Sukowono dapat meningkatkan aktivitas belajar biologi dan apakah penerapan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dilengkapi dengan Peta Konsep pada mata pelajaran IPA (Biologi) Materi Ekosistem siswa kelas VII A di SMP Negeri 2 Sukowono dapat meningkatkan hasil belajar biologi. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar biologi dengan penerapan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dilengkapi dengan Peta Konsep pada mata pelajaran IPA (Biologi) Materi Ekosistem siswa kelas VII A tahun pelajaran 2011-2012 di SMP Negeri 2 Sukowono dan untuk meningkatkan hasil belajar biologi dengan penerapan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dilengkapi dengan Peta Konsep pada mata pelajaran IPA (Biologi) Materi Ekosistem siswa kelas VII A tahun pelajaran 2011-2012 di SMP Negeri 2 Sukowono. Penentuan tempat penelitian ini menggunakan metode purposive area yaitu tempat penelitian sudah ditentukan dengan sengaja disesuaikan dengan tujuan penelitian yakni di kelas VII A SMP Negeri 2 Sukowono. Penentuan subjek penelitian menggunakan metode populasi, yaitu seluruh siswa di kelas VII A SMP Negeri 2 Sukuwono. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model skema spiral dari Hopkins yang terdiri atas 2 siklus. Pada masing-masing siklus terdiri atas empat tahap, yaitu perencanaan tindakan (planning), penerapan tindakan (action), mengobservasi dan mengevaluasi proses dan hasil tindakan (observation and evaluation), dan melakukan refleksi dan seterusnya sampai perbaikan atau peningkatan yang diharapkan tercapai (kriteria keberhasilan). Metode yang peneliti gunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Analisis data pada penelitian ini antara lain menghitung aktivitas siswa selama proses belajar mengajar dan menghitung persentase ketuntasan hasil belajar siswa. Penerapan pendekatan PBL dilengkapi peta konsep dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Sukowono pada mata pelajaran IPA (Biologi) Materi Ekosistem tahun pelajaran 2011-2012. Peningkatan aktivitas belajar siswa secara klasikal mulai dari pra siklus, siklus I ke siklus II dengan persentase sebesar 19,6% dari 49,7 % menjadi 69,3 % dan peningkatan sebesar 12% dari 69,3% menjadi 81,3 %. Pada ketuntasan hasil belajar biologi juga terjadi peningkatan secara klasikal mulai dari pra siklus, siklus I ke siklus II dengan persentase sebesar 12% dari 60 % menjadi 72 % dan peningkatan sebesar 16% dari 72% menjadi 88 %.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210103059;
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar Siswa, Pendekatan Problem Based Learning (PBL), Peta Konsepen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DILENGKAPI DENGAN PETA KONSEPen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record