dc.description.abstract | Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah compliance, reliability, responsiveness, assurance, emphaty dan
fasilitas layanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah pada BPR Syariah Bhakti Sumekar
Jember. Deskriptif kuantitatif digunakan sebagai pendekatan dalam penelitian ini. Populasi dan sampel dalam penelitian
ini yaitu seluruh nasabah BPRS Bhakti Sumekar Jember yang berjumlah 2083 pengambilan sampel menggunakan simple
random sampling dan sampel yang digunakan berjumlah 100 responden. Metode analisis dalam penelitian ini
menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil uji regresi menunjukkan bahwa variabel compliance, reliability,
responsiveness, assurance, emphaty dan fasilitas layanan secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap
loyalitas nasabah BPR Syariah Bhakti Sumekar Jember. Urutan masing masing variabel yang paling berpengaruh adalah
variabel fasilitas pelayanan memiliki koefisien sebesar 0,228, kemudian responsiveness 0,197, emphaty 0,186, reliability
0,179, assurance 0,157 dan variabel yang paling rendah adalah variabel compliance dengan koefisien regresi sebesar
0,156. Sehingga, untuk compliance perlu ditingkatkan dalam pemberian pelayanan, sehingga apabila kualitas pelayanan
yang diberikan semakin baik, maka akan membuat nasabah menjadi loyal. | en_US |