Show simple item record

dc.contributor.authorJUMIATI EKA NINGRUM
dc.date.accessioned2013-09-17T02:32:27Z
dc.date.available2013-09-17T02:32:27Z
dc.date.issued2013-09-17
dc.identifier.nimNIM080210204108
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1054
dc.description.abstractProses kegiatan belajar mengajar di sekolah harus berlangsung menarik, aktivitas siswa sebagai pembelajar selalu antusias dalam mengikuti setiap mata pelajaran. Pendidik perlu menyusun dan melaksanakan kegiatan belajar mengajar dimana anak dapat aktif membangun pengetahuannya sendiri. Hasil observasi menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran IPA masih menggunakan metode konvensional yaitu siswa hanya mendengarkan dan mencatat hal-hal yang dianggap penting untuk dicatat, hal tersebut menyebabkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran sangat kurang, karena guru terlalu mendominasi pembelajaran di kelas. Oleh karena itu diperlukan suatu metode yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Dengan pembelajaran IPA melalui metode eksperimen menggunakan pendekatan SAVI (Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual) adalah pembelajaran yang menggabungkan gerak fisik dengan aktifitas intelektual dan menggunakan semua indera yang dapat berpengaruh besar pada pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengkaji peningkatan aktivitas belajar siswa selama proses pembelajaran IPA pokok bahasan energi bunyi , (2) mengkaji peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA pokok bahasan energi bunyi. Hasil peneltian menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan SAVI ( Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual ) diharapkan dapat membantu guru di kelas IVa SDN Jember Lor 05 Patrang Jember Tahun Ajaran 2010-2011. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dan dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu (a) tahap observasi; dan (b) tahap pelaksanaan tindakan. Tahap pelaksanaan tindakan pembelajaran menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan SAVI ( Somatis, Auditori, Visual dan Intelektual ) dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan tes hasil belajar sebanyak dua kali. Komponen-komponen pokok dalam tiap siklus adalah: perencanaan atau planing, tindakan atau acting, pengamatan atau observing, refleksi atau reflecting. Data hasil penelitian yang menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas belajar siswa sebelum dilaksanakan tindakan mencapai 43,83%, sedangkan aktivitas belajar siswa sesudah dilaksanakan tindakan telah mengalami peningkatan yaitu ditunjukkan dengan besarnya persentase secara klasikal aktivitas belajar siswa mencapai 54,17%. Pada siklus II aktivitas belajar telah mengalami peningkatan yang ditunjukkan dengan besarnya persentase secara klasikal aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 73,77%. Jadi dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I dan siklus II secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan dibandingkan dengan sebelum adanya perlakuan. Persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebelum adanya perlakuan adalah sebesar 37,04%, pada pembelajaran siklus I sebesar 66,67% dan pada siklus II sebesar 81,48%. Jadi dapat disimpulkan bahwa ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II secara keseluruhan dapat dikatakan telah mengalami peningkatan dibandingkan dengan sebelum adanya perlakuan. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode eksperimen dengan pendekatan SAVI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Kelas dapat memenuhi ketuntasan hasil belajar secara klasikal. Peneliti berharap dari penelitian tindakan kelas yang telah dilakukan ini, guru hendaknya selalu melakukan inovasi dalam pembelajaran untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar serta mengetahui kecenderungan gaya belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204108;
dc.subjectSAVI ( SOMATIS, AUDITORI, VISUAL DAN INTELEKTUAL )en_US
dc.titlePENERAPAN METODE EKSPERIMEN DENGAN PENDEKATAN SAVI ( SOMATIS, AUDITORI, VISUAL DAN INTELEKTUAL ) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IVa PADA MATA PELAJARAN IPA DI SDN JEMBER LOR 05 PATRANG JEMBER TAHUN AJARAN 2010-2011en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record