dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI AK 3 SMK
Negeri 1 Jember semester genap tahun ajaran 2018/2019 melalui penggunaan media Edmodo pada mata
pelajaran akuntansi kompetensi dasar mencatat jurnal penyesuaian perusahaan dagang. Penelitian ini
merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan selama 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap
yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 34
orang siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, tes, wawancara dan
dokumen. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa meningkat dari kategori sedang ke kategori tinggi dengan
skor rata-rata masing-masing 2,88 dan 3,70 pada siklus I dan siklus II. Hasil belajar siswa juga
menunjukkan peningkatan. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa sebesar 82,22 dengan ketuntasan klasikal
82,35% meningkat pada siklus II menjadi nilai rata-rata siswa sebesar 88,12 dengan ketuntasan klasikal
91,18%. Dengan demikian, penggunaan media Edmodo dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar
siswa kelas XI AK 3 SMK Negeri 1 Jember pada mata pelajaran akuntansi kompetensi dasar mencatat
jurnal penyesuaian perusahaan dagang. | en_US |