dc.contributor.author | Rira Sistiana | |
dc.date.accessioned | 2013-12-19T07:33:53Z | |
dc.date.available | 2013-12-19T07:33:53Z | |
dc.date.issued | 2013-12-19 | |
dc.identifier.nim | NIM080210193035 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10540 | |
dc.description.abstract | Perkembangan ilmu pendidikan dan teknologi menuntut adanya
perkembangan sumber daya manusia. Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk
meningkatkan sumber daya manusia adalah dengan meningkatkan mutu pendidikan.
Menurut Priyono
Kualitas pendidikan sangat ditentukan oleh kemampuan satuan pendidikan
dalam mengelola proses pembelajaran dengan cara menerapkan strategi pembelajaran
yang efektif, efisien, dan menyenangkan guna mencapai tujuan pembelajaran yang
diinginkan. Salah satu cara yaitu menggunakan model pembelajaran ROPES. Untuk
meningkatkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran ROPES perlu diringi
suatu penilaian
Rumusan masalah dari penelitian ini adalah adakah pengaruh model
pembelajaran ROPES
Negeri 7 Jember tahun pelajaran 2011/2012, serta adakah pengaruh model
pembelajaran ROPES
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran ROPES
Analisis terhadap keterampilan metakognisi siswa terdiri atas pengetahuan
tentang kesadaran
ditolak, jadi
perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memberikan pengaruh yang
berbeda. Analisis terhadap nilai pengaturan tentang kesadaran menunjukkan
pengaruh yang diberikan oleh kelas eksperimen, berbeda dengan pengaruh yang
diberikan oleh kelas kontrol dengan besarnya nilai signifikan 0,000
ditolak. Hasil kedua analisis tersebut menunjukkan penggunaan model
pembelajaran ROPES dengan assessment portofolio memberikan pengaruh positif
dalam meningkatan nilai pengetahuan tentang kesadaran dan pengaturan tentang
kesadaran siswa. Berdasarkan hasil analisis data terhadap niali pretest dan posttest
siswa yang dapat diketahui bahwa besarnya nilai signifikansi 0,000
0
viii
0
Penolakan H
menunjukkan bahwa perlakuan pada kelas eksperimen dan kelas
kontrol memberikan pengaruh yang berbeda. Berdasarkan hasil uji LSD
menunjukkan beda rerata nilai eksperimen dan kelas kontrol bernilai positif 10,501.
Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran ROPES dengan assessment
portofolio memberikan pengaruh yang lebih signifikan terhadap kenaikan hasil
belajar kognitif.
0
Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran ROPES dengan
assessment portofolio di SMP Negeri 7 Jember dapat meningkatkan metakognisi dan
hasil belajar siswa. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 080210193035; | |
dc.subject | Model Pembelajaran ROPES, Assessment Portofolio, Metakognisi, Hasil Belajar IPA Biologi | en_US |
dc.title | PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROPES TERHADAP METAKOGNISI DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI 2011/2012 | en_US |
dc.type | Other | en_US |