Show simple item record

dc.contributor.authorIka Sari Utami
dc.date.accessioned2013-09-17T02:28:37Z
dc.date.available2013-09-17T02:28:37Z
dc.date.issued2013-09-17
dc.identifier.nimNIM070210204153
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/1053
dc.description.abstractDi sekolah dasar khususnya kelas rendah, pembelajaran menulis mempunyai porsi yang lebih besar dibandingkan dengan pembelajaran lainnya. Melalui kegiatan menulis siswa dapat menuangkan gagasan yang ada dalam dirinya dalam bentuk tulisan. Hal ini dikarenakan dalam setiap proses pembelajaran, siswa tidak lepas dari kegiatan menulis Dalam observasi di kelas III MI Muhammadiyah 01 Tanjung Rejo Wuluhan ditemukan permasalahan yang menghambat tercapainya tujuan pembelajaran. Diketahui kemampuan siswa dalam pembelajaran menyusun kalimat menjadi paragraf belum mencapai ketuntasan belajar. Hal ini disebabkan karena kurangnya keantusiasan siswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran menyusun kalimat menjadi paragraf. Untuk mengatasi masalah tersebut akan digunakan media kartu kalimat bergambar yang nantinya dapat membuat siswa lebih antusias belajar dan mendapatkan hasil yang maksimal. Berdasarkan latar belakang di atas maka dirumuskan masalah dalam penelitian ini, yaitu sebagai berikut: (1) bagaimanakah proses penerapan media kartu kalimat bergambar yang dapat meningkatkan kemampuan menyusun kalimat menjadi paragraf pada siswa kelas III MI Muhammadiyah 01 Tanjung Rejo Wuluhan?, (2) bagaimanakah peningkatan hasil belajar siswa kelas III MI Muhammadiyah 01 Tanjung Rejo Wuluhan dalam pembelajaran menyusun kalimat menjadi paragraf setelah digunakan media kartu kalimat bergambar? Tujuan dari penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) mendeskripsikan proses penerapan media kartu kalimat bergambar yang dapat meningkatkan kemampuan menyusun kalimat menjadi paragraf pada siswa kelas III MI Muhammadiyah 01 Tanjung Rejo Wuluhan; (2) meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MI Muhammadiyah 01 Tanjung Rejo Wuluhan dalam pembelajaran menyusun kalimat menjadi paragraf setelah digunakan media kartu kalimat bergambar. Penerapan media kartu kalimat bergambar dalam pembelajaran menyusun kalimat menjadi paragraf yaitu, siswa secara individu diberikan satu paket kartu kalimat bergambar yang terdapat 5 kartu kalimat bergambar dan satu lembar kertas kosong. Selanjutnya, siswa ditugaskan untuk menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi sebuah paragraf dan menuliskannya pada lembar kosong yang sudah dibagikan. Setelah semua selesai guru meminta siswa untuk menukar jawaban masing-masing dengan teman sebangku untuk dibahas bersama.. Hasil belajar siswa meningkat setelah dilaksanakan tindakan pembelajaran menyusun kalimat menjadi paragraf dengan media kartu kalimat bergambar. Pada siklus I, siswa tergolong tuntas berjumlah 12 siswa atau 63% dengan rata-rata secara klasikal 73,42. Sehingga perlu diadakan perbaikan pada siklus berikutnya. Sedangkan pada siklus II, hasil belajar siswa yang tergolong tuntas ada 17 siswa atau sebesar 89% dengan rata-rata nilai 86,05 yaitu ≥70 sehingga pembelajaran dihentikan pada siklus II. Peningkatan ini mengindikasikan bahwa kegiatan pembelajaran siswa dengan materi menyusun kalimat menjadi paragraf siswa meningkat. Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan kepada guru untuk senantiasa berusaha mencari alternatif terbaik dalam menyampaikan pembelajaran. Media kartu kalimat bergambar dapat dijadikan alternatif untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, sehingga siswa bersemangat dan aktif dalam pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210204153;
dc.subjectKEMAMPUAN MENYUSUN KALIMATen_US
dc.titlePENINGKATAN KEMAMPUAN MENYUSUN KALIMAT MENJADI PARAGRAF DENGAN MEDIA KARTU KALIMAT BERGAMBAR PADA SISWA KELAS III MI MUHAMMADIYAH 01 TANJUNG REJO WULUHANen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record