dc.description.abstract | Pariwisata saat ini merupakan sebuah industri hiburan yang sangat dibutuhkan
oleh setiap orang di dunia ini. Keberhasilan penyelenggaraan berbagai jenis wisata
yang ada, diperlukan adanya kerjasama yang baik antara pemerintah, swasta, maupun
masyarakat. Persaingan dalam industri jasa khususnya pada sektor pariwisata,
memaksa para manajer pemasaran untuk melakukan terobosan-terobosan baru dalam
hal pengembangan obyek wisata terkait. Promosi merupakan salah satu bagian
penting dalam kegiatan pemasaran. Promosi merupakan suatu alat pengenalan produk
kepada masyarakat luas. Promosi adalah variabel kunci dalam rencana strategi
pemasaran. Pasir Putih Situbondo merupakan salah satu obyek wisata yang
melakukan kegiatan promosi, khususnya kegiatan bauran promosi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan
bauran promosi yang dilakukan obyek wisata Pasir Putih Situbondo dalam upaya
meningkatkan volume pengunjung. Penelitian dilakukan di lokasi obyek wisata Pasir
Putih Situbondo. Adapun permasalahan dari penelitian ini adalah bagaimana
penerapan bauran promosi yang dilakukan obyek wisata Pasir Putih Situbondo untuk
meningkatkan volume pengunjung. Penelitian yang dilakukan yaitu menggunakan
metode deskriptif paradigma kualitatif melalui beberapa tahapan yaitu observasi
pendahuluan, wawancara dan dokumentasi yang berkaitan dengan bauran promosi
yang dilakukan Pasir Putih Situbondo. Hasil penelitian bahwa penerapan bauran promosi promosi bertujuan agar
tetap menjaga kenaikan volume pengunjung, mempertahankan pelanggan dan
menjaga image Obyek Wisata Pasir Putih Situbondo di masyarakat. Penerapan bauran
promosi tersebut telah berpengaruh sehingga mampu meningkatkan volume
pengunjung di obyek wisata Pasir Putih Situbondo. Hal tersebut dapat dijelaskan dari
adanya peningkatan jumlah pengunjung yang datang ke obyek wisata Pasir Putih
Situbondo.
Demi meningkatkan volume pengunjung obyek wisata Pasir Putih Situbondo,
maka dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan
pemikiran atau masukan yang berarti bagi perusahaan agar dapat digunakan sebagai
bahan pertimbangan serta evaluasi dalam mengambil keputusan bagi perusahaan,
khususnya dalam hal bauran promosi untuk meningkatkan jumlah pengunjung di
Pasir Putih. | en_US |