Show simple item record

dc.contributor.authorUTOMO, Anjar Putro
dc.contributor.authorNARULITA, Erlia
dc.contributor.authorBILLAH, Rizky Nur Izza
dc.date.accessioned2021-10-13T02:37:13Z
dc.date.available2021-10-13T02:37:13Z
dc.date.issued2020-11-20
dc.identifier.issnKODEPRODI210103#Pendidkan Biologi
dc.identifier.issnNIDN0005078004
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id//handle/123456789/105367
dc.description.abstractRendahnya berpikir kritis siswa salah satunya dapat disebabkan oleh penerapan model pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui penerapan model pembelajaran problem based learning berbasis socio-scientific issue terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah true eksperimen dengan desain pretest- posttest control group design. Populasi pada penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Puger. Pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII A sebagai kelas kontrol dan kelas VII B sebagai kelas eksperimen. Hasil analisis menggunakan uji independent sample t-test dengan nilai signifikansi sebesar 0,023 atau 0,023 < 0,05. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning berbasis socio-scientific issue berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMP.en_US
dc.publisherJIPVA (JURNAL PENDIDIKAN IPA VETERAN)en_US
dc.subjectProblem based learningen_US
dc.subjectSocio-scientitif issueen_US
dc.subjectBerpikir kritisen_US
dc.titlePenerapan model pembelajaran problem based learning berbasis socioscientific issue (SSI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SMPen_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record