Show simple item record

dc.contributor.authorSA'DIA, Siti Halimatus
dc.contributor.authorKARTINI, Titin
dc.contributor.authorKANTUN, Sri
dc.date.accessioned2021-10-11T02:20:40Z
dc.date.available2021-10-11T02:20:40Z
dc.date.issued2018-04-11
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/xmlui/handle/123456789/105335
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbalik dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII IPS 2 SMAN Pakusari Jember pada mata pelajaran ekonomi materi jurnal khusus semester genap tahun ajaran 2018/2019, serta mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII IPS 2 SMAN Pakusari Jember. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan 2 siklus yang terdiri dari beberapa tahapan yakni tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode observasi, tes, wawancara dan dokumen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbalik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas XII IPS 2 SMAN Pakusari Jember pada mata pelajaran ekonomi materi jurnal khusus semester genap tahun ajaran 2018/2019. Pada siklus I, aktivitas belajar siswa mencapai skor rata-rata 2,4 pada kategori sedang dan meningkat sebesar 0,9 menjadi 3,3 pada kategori tinggi pada siklus II. Sedangkan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai rata-rata yang didapat dari tugas studi kasus dan ulangan harian pada mata pelajaran ekonomi materi jurnal khusus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, nilai rata-rata siswa mencapai 79,9 dengan ketuntasan klasikal sebesar 79,4%, kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 87,1 dan ketuntasan klasikal sebesar 88,2%.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.publisherJurnal Pendidikan Ekonomi: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi, dan Ilmu Sosialen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Berbaliken_US
dc.subjectAktivitas Belajaren_US
dc.subjectHasil Belajaren_US
dc.subjectMateri Akuntansien_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Berbalik untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas XII IPS 2 SMAN Pakusari Jember (Studi Kasus pada Mata Pelajaran Ekonomi Materi Jurnal Khusus Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019)en_US
dc.typeArticleen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record