dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi belajar, meliputi motivasi
intrinsik dan motivasi ekstrinsik mahasiswa calon guru fi sika. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara
dan angket yang sudah tervalidasi dan reliabel yaitu Motivated Strategies for Learning
Questionnaire. Sampel penelitian adalah 150 mahasiswa yang tersebar dari semester dua,
empat, dan semester enam Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember,
dengan Indeks Prestasi (IP) rata-rata 3,12 (SD=0,285). Data yang sudah diperoleh kemudian
diolah dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar
mahasiswa pendidikan fi sika sangat bervariasi dan didominasi oleh motivasi belajar
instrinsik dibandingkan motivasi ekstrinsik. Pada motivasi instrinsik kebutuhan akan
prestasi yang dimiliki mahasiswa pendidikan fi sika lebih tinggi dibandingkan dengan
kriteria motivasi intrinsik lain. Pada motivasi ekstrinsik peran otoritas dari orang tua
dan dosen merupakan faktor yang mendominasi motivasi ekstrinsik belajar mahasiswa.
Dominannya motivasi instrinsik ini menunjukkan adanya kesadaran dari diri mahasiswa
mengenai pentingnya belajar | en_US |