Show simple item record

dc.contributor.authorHANDAYANI, Rif’ati Dina
dc.date.accessioned2021-09-21T05:43:26Z
dc.date.available2021-09-21T05:43:26Z
dc.date.issued2017-11-30
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/105222
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk menganalisis motivasi belajar, meliputi motivasi intrinsik dan motivasi ekstrinsik mahasiswa calon guru fi sika. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara dan angket yang sudah tervalidasi dan reliabel yaitu Motivated Strategies for Learning Questionnaire. Sampel penelitian adalah 150 mahasiswa yang tersebar dari semester dua, empat, dan semester enam Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Universitas Jember, dengan Indeks Prestasi (IP) rata-rata 3,12 (SD=0,285). Data yang sudah diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar mahasiswa pendidikan fi sika sangat bervariasi dan didominasi oleh motivasi belajar instrinsik dibandingkan motivasi ekstrinsik. Pada motivasi instrinsik kebutuhan akan prestasi yang dimiliki mahasiswa pendidikan fi sika lebih tinggi dibandingkan dengan kriteria motivasi intrinsik lain. Pada motivasi ekstrinsik peran otoritas dari orang tua dan dosen merupakan faktor yang mendominasi motivasi ekstrinsik belajar mahasiswa. Dominannya motivasi instrinsik ini menunjukkan adanya kesadaran dari diri mahasiswa mengenai pentingnya belajaren_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherJURNAL KEPENDIDIKANen_US
dc.subjectmotivasi intrinsiken_US
dc.subjectmotivasi ekstrinsiken_US
dc.subjectmahasiswa calon guru fisikaen_US
dc.titleAnalisis Motivasi Intrinsik Dan Ekstrinsik Mahasiswa Calon Guru Fisikaen_US
dc.typeArticleen_US
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI0210102#Pendidikan Fisika
dc.identifier.nidnNIDN0005028101


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record