Show simple item record

dc.contributor.authorEtik Wahyuningtias
dc.date.accessioned2013-12-19T07:24:14Z
dc.date.available2013-12-19T07:24:14Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM080910292011
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10521
dc.description.abstractAir merupakan sumber kehidupan sehari-hari yang dibutuhkan oleh semua mahluk hidup. Bagi masyarakat yang berada di wilayah perkotaan untuk mendapatkan air minum yang bersih dan bebas kuman sangat sulit. Salah satu cara untuk mengatasi masalah perolehan air bersih, aman, sehat dan terjamin kebersihannya terutama di kota-kota besar adalah melalui produk air minum dalam kemasan (AMDK) yang dibuat produsen untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan air minum sehat. Seiring dengan meningkatnya pertumbuhan penduduk bisnis AMDK semakin berkembang, karena kebutuhan akan air minum terus meningkat. Hal ini menimbulkan tingkat persaingan yang tinggi antar sesama industri AMDK di pasaran. CV Sinar Jaya sebagai salah satu perusahaan yang memproduksi AMDK dengan merek Global menghadapi persaingan yang ketat untuk menarik calon konsumen karena banyaknya perusahaan yang bergerak dalam industri ini. Persaingan menuntut perusahaan untuk dapat melakukan alternatif strategi pemasaran terbaik, diantaranya melalui analisis lingkungan internal maupun eksternal perusahaan. Tujuan Penelitian ini adalah (1) Mengidentifikasi dan menganalisis faktor-faktor lingkungan internal dan eksternal yang mempengaruhi strategi bersaing untuk pemasaran merek dagang Global di CV Sinar Jaya(2) Merumuskan alternatif strategi bersaing yang tepat dan efektif yang sebaiknya dilakukan perusahaan agar dapat bersaing untuk meningkatkan pemasaran merek dagang Global di CV Sinar Jaya dalam mencapai tujuan perusahaan di masa yang akan datang. Penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi pihak manajemen perusahaan dalam merencanakan strategi serta bagi pihak lain yang memerlukan hasil penelitian ini sebagai bahan rujukan untuk penelitian selanjutnya. Penelitian ini dilaksanakan di CV Sinar Jaya yang berlokasi di Jl. Argopuro Tanggul untuk kantor pusat pemasaran dan di desa Manggisan, untuk sumber mata air. Penelitian ini dilaksanakan selama dua bulan untuk pengumpulan data yaitu bulan Juli sampai dengan September 2012. Metode pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan pihak manajemen perusahaan yaitu Direktur, Wakil Manajemen, Kepala Pemasaran serta Kepala Personalia dan Umum. Hal ini didasarkan pada pertimbangan bahwa responden tersebut berpengaruh dalam pengambilan keputusan, khususnya dalam menentukan strategi bersaing. Selanjutnya dianalisis secara deskriptif untuk menentukan kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman perusahaan. Alat analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu matriks SWOT yang digunakan untuk mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan internal dan menggolongkannya menjadi kekuatan dan kelemahan perusahaan serta untuk mengidentifikasi faktor-faktor lingkungan eksternal dan menggolongkannya menjadi peluang dan ancaman perusahaan. Matriks SWOT menggambarkan peluang dan ancaman disesuaikan dengan kekuatan dan kelemahan yang dimiliki perusahaan untuk menentukan alternatif strategi terbaik pada perusahaan AMDK Global di CV Sinar Jaya. Hasil analisis lingkungan perusahaan menunjukkan bahwa faktor-faktor lingkungan internal yang merupakan kekuatan perusahaan adalah lingkungan kerja yang kondusif, struktur organisasi yang berbentuk lini dan staf, lokasi yang strategis, fasilitas penggudangan yang memadai, organisasi penjualan yang efektif, serta strategi harga yang efektif dan bersaing. Sedangkan faktor kelemahan perusahaan adalah pangsa pasar yang masih rendah, kurang efektifnya kegiatan promosi, bentuk kemasan, jaringan distribusi yang belum efektif. Faktorfaktor eksternal yang merupakan peluang bagi perusahaan adalah jumlah penduduk yang terus meningkat, kebutuhan akan air minum yang sehat, meningkatnya konsumsi produk AMDK, perubahan pola dan gaya hidup masyarakat serta kemajuan teknologi informasi, transportasi dan komunikasi. Sedangkan faktor-faktor ancaman bagi perusahaan adalah banyaknya bermunculan perusahaan sejenis, meningkatnya jumlah dan variasi produk substitusi, strategi promosi pesaing dan loyalitas konsumen terhadap merek AMDK lain. Penetapan alternatif strategi dilakukan melalui analisis matriks SWOT yang memadukan faktor-faktor internal dan eksternal. Alternatif strategi yang dapat dilakukan oleh perusahaan CV Sinar Jaya yaitu memanfaatkan lokasi perusahaan yang strategis untuk meraih pelanggan potensial, meningkatkan cakupan distribusi AMDK Global, mencari pangsa pasar yang lebih besar lewat usaha pemasaran yang lebih gencar, mempertahankan harga produk AMDK Global dan meningkatkan kemampuan untuk pengenalan akan merek AMDK Global. Berdasarkan hasil analisis matriks SWOT menunjukkan peluang terbesar perusahaan adalah adanya kerjasama join logo di dalam label kemasan untuk hotel, restoran dan cafe yang paling mungkin dimanfaatkan oleh perusahaan. Ancaman terbesar perusahaan yaitu banyaknya pesaing baru yang memasuki industri AMDK. Perusahaan CV Sinar Jaya menerapkan strategi penetrasi pasar dan pengembangan produk. Berdasarkan analisis SWOT, didapat empat strategi yang disarankan yaitu strategi SO, WO, ST, WT dan dari keempat strategi tersebut diperoleh tujuh alternatif strategi yang dapat dilakukan oleh CV Sinar Jaya yaitu 1)Memanfaatkan lokasi yang strategis guna meraih pelanggan potensial, 2)Mempertahankan harga dan meningkatkan kualitas produk AMDK Global, 3 Meningkatkan pengenalan merek AMDK Global pada masyarakat 4)Meningkatkan cakupan distribusi AMDK Global, 5)Mencari pangsa pasar yang lebih besar lewat usaha pemasaran yang lebih gencar . Berdasarkan skala prioritas utama hasil dari matriks SWOT, strategi yang paling tepat untuk diterapkan oleh CV Sinar Jaya yaitu meningkatkan pengenalan merek AMDK Global pada masyarakat.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080910292011;
dc.subjectStrategi Bersaingen_US
dc.titleSTRATEGI BERSAING AIR MINUM DALAM KEMASAN MERK GLOBAL PADA CV. SINAR JAYA TANGGUL- JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record