Show simple item record

dc.contributor.authorPutri Matahari
dc.date.accessioned2013-12-19T07:20:43Z
dc.date.available2013-12-19T07:20:43Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM080210103021
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10517
dc.description.abstractSalah satu masalah yang dihadapi dunia pendidikan adalah masalah lemahnya proses pembelajaran. Anak kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikirnya. Proses pembelajaran di dalam kelas cenderung mengarahkan anak untuk menghafal informasi, otak dipaksa untuk mengingat dan menimbun berbagai informasi tanpa dituntut untuk memahami informasi yang diingatnya, yaitu tanpa menghubungkannya dengan kehidupan sehari- hari. Akibatnya, ketika anak didik lulus dari sekolah, mereka hanya pintar secara teoritis saja, tetapi mereka miskin aplikasi. Penerapan strategi pembelajaran permainan tipe snowball trowing ini dalam pembelajaran biologi ialah melibatkan siswa untuk dapat berperan aktif dengan bimbingan guru, agar peningkatan kemampuan siswa dalam memahami konsep dapat terarah lebih baik. Penerapan strategi pembelajaran permainan tipe snowball throwing yang disertai dengan pemberian peta konsep merupakan salah satu upaya meningkatkan pemahaman dan kreativitas siswa khususnya pada siswa SMP. Penelitian ini bertujuan untuk pengaruh strategi pembelajaran permainan tipe snowball throwing terhadap aktivitas belajar dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Bondowoso pada bulan Mei semester 2 tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan secara kuasi eksperimen pada kelas VIII SMP Negeri 1 Bondowoso. Kegiatan pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar biologi siswa, check list instrumen penilaian aktivitas belajar siswa, video aktivitas belajar siswa, observasi mengajar, dokumentasi, dan wawancara terhadap guru maupun siswa. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan analisis levene statistic untuk mengetahui uji homogenitas, analisis uji t untuk mengetahui perbedaan aktivitas belajar siswa dan ANAKOVA terhadap hasil belajar kognitif. Berdasarkan hasil penelitian, indikator aktivitas belajar siswa yang diamati pada penelitian ini adalah ask and answer, giving opinion, discussion, cooperate, dan listen to the subject of discussion. Untuk memperkuat hasil perhitungan yang dilakukan secara manual dilakukan uji t. Hasil analisis menunjukkan bahwa perlakuan pada kelas eksperimen (pembelajaran menggunakan strategi pembelajaran snowball throwing) dan pada kelas kontrol (metode ceramah) berpengaruh signifikan terhadap aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat diketahui dari hasil uji menggunakan SPSS, menunjukkan signifikansi 0,161 yaitu > 0,05. Hal ini berarti H (hipotesis nihil) ditolak dan H (hipotesis alternatif) diterima. Dengan kata lain, terdapat perbedaan yang signifikan antara aktivitas belajar kelas kontrol dan kelas 1 eksperimen. Pengaruh strategi snowball throwing terhadap hasil belajar biologi siswa dapat dilihat dari hasil nilai pre-test dan post-test yang telah dianalisis dengan menggunakan uji statistik ANAKOVA. Setelah dilakukan uji normalitas dan hasilnya data pretest dan posttest adalah berdistribusi normal, sehingga dapat dilakukan uji Anakova. Hasil uji statistik ANAKOVA terhadap nilai pretest dan posttest menghasilkan signifikansi 0, 000 yaitu < 0,05. Hal ini berarti H (hipotesis nihil) ditolak dan H (hipotesis alternatif) diterima. Dengan kata lain, hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa pengaruh strategi snowball throwing pada 1 kelas eksperimen memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa di SMP Negeri 1 Bondowoso.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210103021;
dc.subjectStrategi Pembelajaran Permainan Tipe Snowball Throwing, Aktivitas Sis wa dan Hasil Belajar Siswaen_US
dc.titlePENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PERMAINAN TIPE SNOWBALL THROWING TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SISWA (SMP NEGERI 1 BONDOWOSO KELAS VIII SEMESTER II MATERI CHEMICAL MATERIALS IN THE LIFE TAHUN AJARAN 2011/2012)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record