dc.description.abstract | Tuntutan terhadap perbaikan pelayanan sekotr publik dimasa datang akan
semakin tinggi mengingat dalam era demokrasi dan kemajuan teknologi informasi
ini masyarakat akan semakin cerdas. Perbaikan terhadap kualitas pelayanan publik
perlu terus dikembangkan dan disesuaikan dengan tuntutan yang berkembang
dimasyarakat. Penilaian masyarakat terhadap kualitas pelayanan publik
memegang peranan yang cukup penting. Salah satu jenis pelayanan publik kepada
masyarakat adalah pelayanan di sektor kepolisian. Beberapa jenis layanan sektor
kepolisian penulis memilih meneliti kualitas pembayaran pajak kendaraan
bermotor (PKB)melalui SAMSAT keliling.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan
pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB)melalui SAMSAT keliling di
SAMSAT Barat Kecamatan Kaliwates Kabupaten Jember. Menurut Zeithmal,dkk
penilaian kualitas pelayanan (Serqual), publik terdiri dari: dimensi bukti
langsung , keandalan, daya tanggap, jaminan, empati. Nilai kualitas pelayanan diperoleh dari
nilai persepsi pelanggan dikurangi dengan nilai harapan. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan tipe
penelitian deskriptif. Responden dalam penelitian ini adalah pemohon yang sudah
melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor yang berada di wilayah barat
Kabupaten Jember. Penentuan sampel, dilakukan dengan accidental sampling.
Teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara, penyebaran kuesioner
dan observasi. Penelitian ini menggunakan skala Likert dengan 3 gradasi,
penyajian data berupa tabel dengan perhitungan statistic deskriptif yaitu ServQual.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada kualitas pelayanan pembayaran pajak
kendaraan bermotor | en_US |