Show simple item record

dc.contributor.authorAyu Ilmawati
dc.date.accessioned2013-12-19T07:02:47Z
dc.date.available2013-12-19T07:02:47Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM060910202090
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10486
dc.description.abstractTerciptanya kepuasan pelanggan dapat menjadikan hubungan antara penyedia jasa dengan pelanggannya menjadi harmonis, yang selanjutnya akan menciptakan loyalitas pelangan dan akhirnya menguntungkan bagi perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pelayanan prima dengan kepuasan nasabah pada Perum Pegadaian Cabang Jember. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif kausal dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengambilan sampel menggunakan accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 orang sebagai responden yaitu nasabah Perum Pegadaian Cabang Jember. Metode analisis yang digunakan adalah analisis korelasi rank spearman dan analisis uji t dengan taraf signifikansi sebesar α = 5 %. Hasil penelitian analisis statistik yang didasarkan pada data yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner dan diolah dengan menggunakan SPSS Versi 11,5 for windows menunjukkan bahwa hasil koefisien korelasi rank spearman (rs) untuk pelayanan prima dengan kepuasan nasabah adalah sebesar 0,525 yang dapat diartikan terdapat hubungan yang sedang dan searah antara kedua variabel. Kemudian dibandingkan dengan rs tabel = 0,364 diperoleh hasil rs hitung lebih besar dari rs tabel (0,525>0,364) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Setelah itu dilakukan uji t dengan menggunakan tabel t, dari hasil perhitungan ternyata diperoleh nilai t hitung lebih besar dari pada t tabel (6,103>1.987) yang berarti hubungan signifikan. Sehingga kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang positif signifikan antara pelayanan prima terhadap kepuasan nasabah.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060910202090;
dc.subjectpelayanan prima, kepuasan nasabah.en_US
dc.titleHUBUNGAN PELAYANAN PRIMA DENGAN KEPUASAN NASABAH PADA PERUM PEGADAIAN CABANG JEMBERen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record