Show simple item record

dc.contributor.authorYUDIANTO, Erfan
dc.contributor.authorDEWI, Niken Shofiana
dc.contributor.authorSETIAWAN, Toto Bara
dc.date.accessioned2021-06-22T02:58:16Z
dc.date.available2021-06-22T02:58:16Z
dc.date.issued2021-04-01
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/104850
dc.description.abstractKemampuan membuktikan jarang sekali diasah dalam pembelajaran matematika. Dengan demikian, hal tersebut menjadi menarik ketika dikaji dan dikaitkan dengan level berpikir geometri van Hiele yaitu level deduksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir siswa level deduksi dalam membuktikan Triangle Proportionally Theorem dan konversnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Siswa level deduksi diberikan tes pembuktian teorema sebanyak dua soal, kemudian dilakukan wawancara untuk mengetahui lebih dalam proses berpikirnya. Hasil yang diperoleh adalah siswa level deduksi mampu membuktikan teorema dengan memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki baik mengenai unsur-unsur pangkal (titik dan garis), postulat kesejajaran garis dan kesebangunan segitiga AAA, definisi sudut dan kekongruenan sudut, teorema kesejajaran garis dan kesebangunan segitiga SAS~, corollary CSSTP dan CASTC. Hal ini terlihat dari hasil pembuktian yang diberikan dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti terhadap siswa tersebut.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherMATH DIDACTIC: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKAen_US
dc.subjectprofil berpikiren_US
dc.subjectlevel deduktifen_US
dc.subjectpembuktian teoremaen_US
dc.subjectvan Hieleen_US
dc.titleBerpikir Siswa Level Deduksi Dalam Membuktikan Teorema Kesebandingan Segitiga Dan Konversnya Berdasarkan Langkahlangkah Polyaen_US
dc.typeArticleen_US
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI0210191#Pendidikan Matematika
dc.identifier.nidnNIDN0016038502
dc.identifier.nidnNIDN0009125805


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record