Berpikir Siswa Level Deduksi Dalam Membuktikan Teorema Kesebandingan Segitiga Dan Konversnya Berdasarkan Langkahlangkah Polya
dc.contributor.author | YUDIANTO, Erfan | |
dc.contributor.author | DEWI, Niken Shofiana | |
dc.contributor.author | SETIAWAN, Toto Bara | |
dc.date.accessioned | 2021-06-22T02:58:16Z | |
dc.date.available | 2021-06-22T02:58:16Z | |
dc.date.issued | 2021-04-01 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/104850 | |
dc.description.abstract | Kemampuan membuktikan jarang sekali diasah dalam pembelajaran matematika. Dengan demikian, hal tersebut menjadi menarik ketika dikaji dan dikaitkan dengan level berpikir geometri van Hiele yaitu level deduksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses berpikir siswa level deduksi dalam membuktikan Triangle Proportionally Theorem dan konversnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Siswa level deduksi diberikan tes pembuktian teorema sebanyak dua soal, kemudian dilakukan wawancara untuk mengetahui lebih dalam proses berpikirnya. Hasil yang diperoleh adalah siswa level deduksi mampu membuktikan teorema dengan memanfaatkan pengetahuan yang dimiliki baik mengenai unsur-unsur pangkal (titik dan garis), postulat kesejajaran garis dan kesebangunan segitiga AAA, definisi sudut dan kekongruenan sudut, teorema kesejajaran garis dan kesebangunan segitiga SAS~, corollary CSSTP dan CASTC. Hal ini terlihat dari hasil pembuktian yang diberikan dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti terhadap siswa tersebut. | en_US |
dc.language.iso | Ind | en_US |
dc.publisher | MATH DIDACTIC: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA | en_US |
dc.subject | profil berpikir | en_US |
dc.subject | level deduktif | en_US |
dc.subject | pembuktian teorema | en_US |
dc.subject | van Hiele | en_US |
dc.title | Berpikir Siswa Level Deduksi Dalam Membuktikan Teorema Kesebandingan Segitiga Dan Konversnya Berdasarkan Langkahlangkah Polya | en_US |
dc.type | Article | en_US |
dc.identifier.kodeprodi | KODEPRODI0210191#Pendidikan Matematika | |
dc.identifier.nidn | NIDN0016038502 | |
dc.identifier.nidn | NIDN0009125805 |
Files in this item
This item appears in the following Collection(s)
-
LSP-Jurnal Ilmiah Dosen [7301]
Koleksi Jurnal Ilmiah Dosen