Show simple item record

dc.contributor.authorNOURMA YULITA
dc.date.accessioned2013-12-19T06:59:51Z
dc.date.available2013-12-19T06:59:51Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM080210103015
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10479
dc.description.abstractPembelajaran kooperatif model Co-op Co-op adalah model pembelajaran yang menempatkan tim dalam kooperasi antara satu dengan yang lainnya untuk mempelajari sebuah topik di kelas. Co-op Co-op juga memberi kesempatan kepada siswa untuk bekerja sama dalam kelompok-kelompok kecil. Beberapa kelebihan yang dimiliki pembelajaran kooperatif model Co-op Co-op, pembelajaran ini juga memiliki kekurangan yaitu adalah memerlukan banyak waktu. Kelemahan tersebut dapat diatasi apabila guru membuat bahan atau materi pelajaran berupa animasi flash. Pembelajaran kooperatif model Co-op Co-op yang disertai media animasi flash diharapkan mampu memberikan pengaruh yang positif terhadap motivasi belajar dan hasil belajar biologi di kelas XI MAN 2 Jember. Co-op Co-op memberi kesempatan kepada siswa untuk bekerja sama dalam kelompok kecil, pertama untuk meningkatkan pemahaman mereka tentang diri mereka dan dunia, dan selanjutnya memberikan mereka kesempatan untuk saling berbagi pemahaman baru itu dengan teman-teman sekelasnya. Metodenya sederhana dan fleksibel. Begitu guru bisa memegang filosofi Co-op Co-op, maka mereka bisa memilih sekian macam cara untuk mengaplikasikan pendekatan ini dalam kelas yang mereka ajari Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Pelaksanaan penelitian ini menggunakan dua kelas sampel penelitian, satu kelas sebagai kelas kontrol dan satu lagi sebagai kelas eksperimen. Kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen menggunakan pembelajaran kooperatif model Co-op Co-op dengan media Animasi flash. Penentuan kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh dari hasil uji homogenitas terhadap nilai ulangan harian biologi pada materi sistem ekskresi dengan menggunakan Analisis Kovarian (ANAKOVA). Sebelum dilakukan uji homogenitas terlebih dahulu dilakukan uji normalitas menggunakan teknik analisis One-Sample Kolmogorov Smirnov. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran kooperatif model Co-op Co-op dengan media animasi flash terhadap motivasi belajar siswa (pada siswa Kelas XI IPA MAN 2 Jember). Secara klasikal selisih rerata motivasi belajar aspek Attention motivasi sebesar 2,11, aspek Relevance motivasi sebesar 2,34, aspek Confidence sebesar 2,39 dan aspek Satisfication motivasi sebesar 1,53. Sedangkan uji ANAKOVA semua hasilnya dikatakan signifikan karena probabilitas (P) < 0.05, yaitu aspek Attention sebesar 0,000, aspek Relevance sebesar 0,040, aspek Confidence sebesar 0,038 dan aspek Satisfication motivasi sebesar 0,031. Terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan pembelajaran kooperatif model Co-op Co-op dengan media animasi flash terhadap hasil belajar biologi (pada siswa Kelas XI IPA MAN 2 Jember). Pengaruh tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa yaitu baik di uji menggunakan ANAKOVA maupun secara klasikal. Secara klasikal dikatakan nilai rerata selisih ranah kognitif (pre-test dan post-test) siswa kelas ekperimen lebih tinggi yaitu sebesar 27,03 jika dibandingkan dengan rerata selisih psikomotorik awal dan akhir kelas kontrol yaitu sebesar 15,34. Sedangkan uji ANAKOVA dikatakan sangat signifikan karena probabilitas (P) < 0.01, yaitu hasilnya 0,000. Hasil belajar siswa juga dapat dilihat pada ranah psikomotorik, yaitu secara klasikal dikatakan nilai rerata selisih psikomotorik awal dan akhir siswa kelas ekperimen lebih tinggi yaitu sebesar 2,58 jika dibandingkan dengan rerata selisih psikomotorik awal dan akhir kelas kontrol yaitu sebesar 0,60. Sedangkan uji ANAKOVA dikatakan signifikan karena probabilitas (P) < 0.01, yaitu hasilnya 0,022.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210103015;
dc.subjectPe mbelajaran Koope ratif Model Co-Op Co-Op, Media Animasi Flash, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Biologien_US
dc.titlePENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL CO-OP CO-OP DENGAN MEDIA ANIMASI FLASH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI (Pada Siswa Kelas XI MAN 2 Jember)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record