Show simple item record

dc.contributor.advisorMARDIATI, Yayuk
dc.contributor.advisorHUTAMA, Fajar Surya
dc.contributor.authorAGUSTIN, Laili Riska Dwi
dc.date.accessioned2021-05-20T02:29:51Z
dc.date.available2021-05-20T02:29:51Z
dc.date.issued2019-07-19
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/104655
dc.description.abstractBerdasarkan hasil wawancara terhadap guru kelas VB di SDN Ajung 01 Jember pada hari Selasa tanggal 9 Januari 2018, didapatkan beberapa pemasalahan yang dihadapi dalam proses pembelajaran yaitu pelaksanaan pembelajaran IPS masih kurang bervariatif dan kurang berpusat pada siswa (student centered). Guru masih menggunakan buku paket saat pembelajaran. Meskipun sudah dilakukan diskusi saat pembelajaran, namun hasil belajar siswa masih rendah. Observasi yang dilakukan dengan mengamati proses pembelajaran dalam kelas menunjukkan bahwa guru masih belum maksimal dalam melaksanakan proses pembelajaran. Pembelajaran yang dilakukan oleh guru di kelas masih teacher centered ditandai dengan pembelajaran yang cenderung memberikan porsi guru aktif dan siswa lebih pasif, guru menjelaskan siswa mendengarkan. Berdasarkan hasil ujian tengah semester (UTS) mata pelajaran IPS siswa kelas VB SDN Ajung 01 Jember diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 66,88 dapat dikategorikan (Cukup) dengan rincian 11 siswa menenuhi kriteria standar kompetensi dengan nilai ≥ 70 dan 25 siswa lainnya tidak tuntas dengan nilai ≤ 70 (tersaji pada lampiran 5). Dari data tersebut nampak bahwa hasil belajar yang dicapai siswa secara klasikal masih jauh dari kriteria standar kompetensi yang ditetapkan oleh pihak sekolah. Berdasarkan pada masalah tersebut, maka dipilihlah model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VB mata pelajaran IPS di SDN Ajung 01 Jember. ix Rumusan masalah penelitian ini yaitu Bagaimanakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VB pada mata pelajaran IPS di SDN Ajung 01 Jember?. Penelitian dilaksanakan di SDN Ajung 01 Jember pada semester genap tahun pelajaran 2018/2019. Subjek penelitian adalah siswa kelas VB SDN Ajung 01 Jember dengan jumlah 36 siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK. Penelitian menggunakan dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahapan, yaitu: (1) perencanaan; (2) tindakan; (3) observasi; dan (4) refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah: (1) wawancara; (2) dokumentasi; dan (3) tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran IPS pokok bahasan peninggalan sejarah Hindu-Budda di Indonesia pada siswa kelas VB di SDN Ajung 01 Jember semester genap tahun pelajaran 2018/2019 dapat meningkatkan hasil belajar siswa mulai dari Prasiklus, Siklus I hingga Siklus II. Hasil belajar siswa pada prasiklus diperoleh 66,88 (Cukup) dan yang telah memenuhi kriteria standar kompetensi mencapai 30,56%. Berdasarkan hasil hasil belajar siswa siklus I diperoleh skor rata-rata hasil belajar siswa adalah 70,44 (Baik) dan yang telah memenuhi kriteria standar kompetensi mencapai 52,78%. Berdasarkan hasil belajar siswa siklus II diperoleh skor rata-rata hasil belajar siswa adalah 75,44 (Baik) dan hasil belajar siswa mencapai 75%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pada siklus II secara klasikal siswa sudah memenuhi kriteria standar kompetensi, karena siswa yang memperoleh skor lebih dari 70 mencapai 75% sedangkan kriteria standar kompetensi secara klasikal yang ditentukan oleh SDN Ajung 01 Jember yaitu 75%. Berdasarkan hasil kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama dua siklus, dan berdasarkan seluruh pembahasan serta analisis yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran IPS pokok bahasan Peninggalan Sejarah Hindu-Budha di Indonesia pada siswa kelas VB di SDN Ajung 01 Jember semester genap tahun pelajaran 2018/2019 dapat meningkatkan hasil belajar siswa. x Saran yang dapat diberikan dari pelaksanaan penelitian ini yaitu siswa harus aktif dalam kegiatan pembelajaran, sehingga model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat memberikan motivasi dan semangat bagi siswa untuk belajar IPS dengan menarik dan menyenangkan dan guru harus memahami kelemahan dan kelebihan dari model pembelajaran kooperatif tipe STAD agar dapat menjadi bahan masukan dalam alternatif pembelajaran yang akan diterapkan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan keberhasilan dan kualitas pembelajaran.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherFAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN UNIVERSITAS JEMBERen_US
dc.subjectPenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VB Mata Pelajaran IPS di SDN Ajung 01 Jemberen_US
dc.titlePenerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vb Mata Pelajaran IPS di SDN Ajung 01 Jemberen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodiPENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record