• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    PENGARUH PENGGUNAAN FLIP BOOK DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN SMALL GROUP DISCUSSION TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (KELAS XI DI SMA NEGERI 1 PRAJEKAN KECAMATAN PRAJEKAN BONDOWOSO)

    Thumbnail
    View/Open
    Mery Devi K - 070210193141 (2)_1.pdf (554.5Kb)
    Date
    2013-12-19
    Author
    Mery Devi K
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Belajar dapat diartikan sebagai proses komunikasi. Agar tidak terjadi kesalahan pada proses tersebut perlu digunakan sarana yang dapat membantu proses komunikasi yang disebut media. Selain media, perlu diperhatikan pula penggunaan metode pembelajaran yang nantinya akan memotivasi kegiatan siswa hingga lebih aktif dan mendaparkan hasil belajar yang sesuai dengan harapan. Melihat sedemikian kompleksnya masalah proses belajar mengajar yang meliputi keaktifan dan hasil belajar siswa serta peran guru, maka dalam pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam proses belajar mengajar perlu dikembangkan suasana kondusif yang dapat menumbuhkan sikap aktif dan hasil belajar siswa yang memuaskan sesuai pendidikan karakter yang diharapkan oleh guru. Untuk itu pembelajaran dengan menggunakan media dan metode pembelajaran yang sesuai, khususnya media gambar dengan metode diskusi dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk hal tersebut. Kelebihan yang ada pada penggunaan media pembelajaran berupa flip book dan metode pembelajaran Small Group Discussion memungkinkan dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa, berkaitan dengan hal itu maka perlu di teliti pengaruh penggunaan media grafis berupa flip book dengan metode pembelajaran Small Group Discussion terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Penelitian dilaksanakan di 1 SMA Negeri 1 Prajekan, Kecamatan Prajekan, Kabupaten Bondowoso. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pendidikan, dengan menggunakan metode survei untuk menggali data yang menggunakan diantaranya: angket, wawancara, dokumentasi, tes dan observasi. Data penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif dan SPSS. Berdasarkan hasil penelitian setelah menggunakan media Flip Book dengan menggunakan metode pembelajaran Small Group Discussion menunjukkan bahwa ketuntasan hasil belajar ( sebagai indikator mayoritas peningkatan hasil belajar) yang diperoleh kelas kontrol (XI IPA 3) yaitu jumlah siswa dalam satu kelas 37, terdapat 12 siswa yang tuntas secara individual dan 25 siswa yang tidak tuntas, sehingga persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 32%. Ketuntasan hasil belajar yang diperoleh kelas eksperimen (XI IPA 2) yaitu jumlah siswa dalam satu kelas 39, terdapat 28 siswa yang tuntas secara individual dan 11 siswa tidak tuntas, sehingga persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal mencapai 72%. Berdasarkan hasil analisis, besarnya aktivitas belajar siswa saat proses belajar mengajar di kelas untuk kelas kontrol, yaitu perhatian terhadap penjelasan guru maupun teman di kelas mencapai nilai 60,26% walaupun terkadang terdapat siswa yang perhatian terhadap penjelasan berkurang; kemampuan atau keberanian bertanya, menjawab, serta berpendapat masing-masing mencapai nilai 38,5%; 37%; 11,25%. Kemampuan merangkum mencapai nilai 100%, kemampuan menganalisis gambar atau masalah mencapai nilai 18,25% dan semangat untuk mengikuti proses pembelajaran mencapai nilai 60,26%. Kriteria rata-rata aktivitas belajar siswa dalam kelas pada kelas kontrol termasuk dalam kategori cukup aktif. Hasil analisis aktivitas belajar siswa pada saat proses belajar mengajar di dalam kelas pada kelas eksperimen, yaitu perhatian terhadap penjelasan guru maupun teman di kelas mencapai nilai 67,09% walaupun terkadang terdapat siswa yang perhatian terhadap penjelasan berkurang; kemampuan atau keberanian bertanya, menjawab, serta berpendapat masing-masing mencapai nilai 72,25%; 64,25%; 30,75%. Kemampuan merangkum mencapai nilai 100%, kemampuan menganalisis gambar atau masalah mencapai nilai 100% dan semangat untuk mengikuti proses pembelajaran mencapai nilai 67,09%. Kriteria rata-rata aktivitas belajar siswa dalam kelas pada kelas kontrol termasuk dalam kategori aktif. Pembelajaran biologi dengan menggunakan media pembelajaran Flip book menggunakan metode pembelajaran Small Group Discussion pokok bahasan struktur jaringan hewan di SMA Negeri 1 Prajekan kelas XI semester 1 tahun ajaran 2011/2012 sangat baik karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa, ketuntasan belajar siswa, dan aktivitas belajar siswa. Pembelajaran ini juga dapat meningkatkan kemampuan analisis siswa dan meningkatkan daya ingat siswa walaupun mereka kurang berminat untuk membaca buku pegangan. Pembelajaran dengan metode Small Group Discussion dengan media pembelajaran Flip book sangat baik dan dapat meningkatkan hasil belajar serta aktivitas siswa. Hal ini dikarenakan dengan pembelajaran metode ini siswa mendapat perhatian secara individual, baik dari guru maupun dari siswa lainnya. Pembelajaran dengan metode Small Group Discussion dapat melatih tanggung jawab siswa karena siswa dituntut untuk menyelesaikan satu permasalahan, selain itu pembelajaran ini di kombinasikan dengan Flip book agar siswa mampu menganalisis permasalahan dan memiliki minat untuk membaca guna menambah pengetahuan dari berbagai macam sumber belajar. Pembahasan di atas menunjukkan bahwa pembelajaran biologi menggunakan media pembelajaran Flip book menggunakan metode pembelajaran Small Group Discussion dapat digunakan sebagai informasi dan alternative pembelajaran yang dapat digunakan untuk mengajar biologi serta memperbaiki hasil belajar siswa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10455
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15406]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository