Show simple item record

dc.contributor.authorAHMAD, Nur
dc.contributor.authorSUPENO, Supeno
dc.contributor.authorUTOMO, Anjar Putro
dc.date.accessioned2021-05-04T01:23:10Z
dc.date.available2021-05-04T01:23:10Z
dc.date.issued2020-11-20
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/104504
dc.description.abstractMenarik untuk dibahas hasil belajar mahasiswa calon guru IPA yang menempuh mata kuliah Cahaya dan Penglihatan cenderung rendah. Lebih dari separuh mahasiswa gagal meraih predikat B. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang berupaya untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesulitan mahasiswa Pendidikan IPA dalam menyelesaikan persoalan. Subjek penelitian adalah mahasiswa semester lima Pendidikan IPA FKIP Universitas Jember tahun ajaran 2019/2020 semester gasal berjumlah 83 mahasiswa. Analisis dengan menampilkan tabel distribusi frekuensi, Histogram, Means, Varians, Standar Deviasi dan Angket. Sebanyak 68% mahasiswa memiliki rentang nilai 51-70. Varians dan Standar deviasi rata-rata semua kelas masing-masing sebesar 29 dan 5,5. Faktor penyebab rendahnya nilai belajar adalah kurang siapnya dalam menghadapi Ujian tengah dan Akhir Semester. Hal ini ditunjukkan oleh nilai rata-rata nilai UTS berkisar antara 54-61 dan UAS sebesar 66-71. Nilai UTS dan UAS sangat berpengaruh karena memiliki porsi 60% dari nilai akhir. Menurut observasi, mahasiswa kesulitan mengerjakan soal hitungan dan berbahasa Inggris.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherJurnal Literasi Pendidikan Fisikaen_US
dc.subjectCahayaen_US
dc.subjectPenglihatanen_US
dc.subjectKesulitan Belajaren_US
dc.subjectCalon Guru IPAen_US
dc.titleAnalisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Calon Guru IPA pada Mata Kuliah Cahaya dan Penglihatanen_US
dc.typeArticleen_US
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI0210104#PendidikanIPA
dc.identifier.nidnNIDN0712068501
dc.identifier.nidnNIDN0007127401
dc.identifier.nidnNIDN026039101


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record