dc.contributor.author | Ma’rifatin Widyaningrum Aminoto | |
dc.date.accessioned | 2013-12-19T06:38:28Z | |
dc.date.available | 2013-12-19T06:38:28Z | |
dc.date.issued | 2013-12-19 | |
dc.identifier.nim | NIM070910201108 | |
dc.identifier.uri | http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10445 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kepuasan masyarakat
terhadap pelayanan yang diberikan Stasiun Besar Jember dengan menggunakan
Keputusan Menpan No. 25 Tahun 2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks
Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemeintah sebagai acuan. Dalam
penelitian ini, peneliti menggunakan tipe penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian
ini dilaksanakan dari Bulan Mei 2012 sampai dengan Bulan Januari 2013 di Stasiun
Besar Jember PT Kereta Api Indonesia DAOP 9 Jember, dengan populasi seluruh
pengunjung Stasiun Besar Jember. Jumlah responden dalam penelitian ini adalah 150
orang dengan menggunakan teknik sampling insidental. Sedangkan penghitungan dan
analisis data dari hasil kuesioner menggunakan rumus yang terdapat dalam
Keputusan Menpan No. 25 Tahun 2004 tentang Pedoman Umum Penyusunan Indeks
Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah.
Berdasarkan hasil penelitian ini, nilai rata-rata tertimbang Indeks Kepuasan
Masyarakat (IKM) Stasiun Besar PT KAI DAOP 9 Jember tahun 2012 dihitung
secara keseluruhan adalah sebesar 2,82 dengan nilai rata-rata indeks kepuasan sebesar
2,84. Hasil nilai IKM setelah dikonversi adalah sebesar 71. Nilai tersebut berlaku
untuk 150 kuesioner yang diambil dari 150 responden pada Bulan November, dan
tidak berlaku untuk seluruh pengunjung Stasiun Besar Jember. Berdasarkan
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No:KEP/25/M.PAN/2/2004
mutu pelayanan Stasiun Besar PT KAI DAOP 9 Jember dalam kategori B. Dengan
demikian kinerja unit pelayanan Stasiun Besar PT Kereta Api Indonesia DAOP 9
Jember adalah baik, yang berarti bahwa pelayanan yang diberikan Stasiun Besar
Jember telah sesuai dengan harapan pengunjung Stasiun Besar Jember. Dengan
prioritas peningkatan kualitas pelayanan pada unsur kecepatan petugas pelayanan dan
kenyamanan lingkungan, karena unsur-unsur tersebut memperoleh nilai paling rendah. | en_US |
dc.language.iso | other | en_US |
dc.relation.ispartofseries | 070910201108; | |
dc.subject | kepuasan masyarakat, pelayanan, KA | en_US |
dc.title | Indeks Kepuasan Masyarakat atas Pelayanan Di Stasiun Besar Jember | en_US |
dc.type | Other | en_US |