dc.description.abstract | Manajemen kelas adalah suatu usaha guru dalam melakukan perencanaan,
pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian di dalam kelas dengan tujuan
untuk menciptakan suasana lingkungan belajar yang efektif dan efisien.
Sedangkan, kelompok bermain adalah suatu lembaga pendidikan jalur non-formal
untuk anak yang berusia 2 sampai 3 tahun. Jadi, manajemen kelas kelompok
bermain ialah suatu usaha guru dalam mengelola kelas kelompok bermain mulai
dari perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian. Dengan
tujuan untuk menciptakan kondisi lingkungan belajar mengajar di dalam kelas
kelompok bermain berjalan dengan kondusif. Adapun fungsi manajemen kelas
yang diimplementasikan ke dalam kelas kelompok bermain yang, meliputi
perencanaan kelas, pengorganisasian kelas, kepemimpinan kelas, dan
pengendalian kelas.
Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu “Bagaimanakah
implementasi manajemen kelas kelompok bermain di PAUD Terpadu Al Furqan
Jember Tahun Ajaran 2019/2020?”. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk
mendeskripsikan implementasi manajemen kelas kelompok bermain di PAUD
Terpadu Al Furqan Jember Tahun Ajaran 2019/2020.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan selama 2 minggu
di kelas kelompok bermain PAUD Terpadu Al Furqan Jember yang terletak di
Jalan WR Supratman II No. 20, Kepatihan, Kecamatan Kaliwates, Kabupaten
Jember, Jawa Timur. Sumber data yang diperoleh dari informan kunci, yaitu ketua
Hall B dan guru kelompok bermain PAUD Terpadu Al Furqan Jember. Metode
pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Teknik analisis data menggunakan analisis data model interaktif yang melalui
beberapa tahapan, yaitu pengumpulan data (Data Collection), reduksi data (Data
Reduction), penyajian data (Data Display), dan penarikan kesimpulan
(Verification).
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di PAUD Terpadu Al
Furqan Jember terkait dengan implementasi manajemen kelas di kelompok
bermain bahwa guru kelompok bermain mengimplementasikan fungsi manajemen
kelas yang terdiri dari perencanaan kelas, pengorganisasian kelas, kepemimpinan
kelas, dan pengendalian kelas. Perencanaan kelas dilakukan dengan mengadakan
pertemuan antar guru kelompok bermain, di mana pada pertemuan tersebut guru
akan saling berbagi ide dan informasi terkait pembelajaran yang akan dilakukan.
Pertemuan tersebut bertujuan untuk menentukan tujuan pembelajaran , metode,
tindakan, serta sumber daya yang akan digunakan. Hasil dari pertemuan tersebut
akan dimuat ke dalam RPPM untuk mingguan dan RPPH untuk harian. Untuk
pengorganisasian kelas, guru kelompok bermain membagi tugas dan kegiatan
yang akan dilakukan oleh anak. Selain itu, guru juga memilih seorang anak untuk
menjadi perwakilan kelas seperti memimpin teman-temannya atau kegiatan
lainnya. Pemilihan tersebut dipilih melalui sistem piket, jadi setiap anak akan
mendapatkan giliran untuk menjadi seorang perwakilan kelasnya. Untuk
kepemimpinan kelas, guru kelompok bermain berperan menjadi seorang role
model yang baik bagi anak. Maka dari itu, guru selalu menjaga tutur kata ketika
berkomunikasi, menjaga sikap/perilaku serta berpakaian yang rapi dan sopan.
Untuk pengendalian kelas, guru kelompok bermain selalu memegang kendali
kelas agar dapat terkontrol dengan baik. Hal tersebut dilakukan dengan
memberikan pijakan dan pendampingan di setiap kegiatan anak, sehingga
lingkungan belajar mengajar dapat berjalan dengan kondusif. | en_US |