Show simple item record

dc.contributor.authorEDFYA FRANSELVILDA
dc.date.accessioned2013-12-19T06:35:04Z
dc.date.available2013-12-19T06:35:04Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM060210301131
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10439
dc.description.abstractPenelitian yang dilakukan ini merupakan penelitian eksperimen yang dirancang dengan quasi experimental design. Metode penentuan lokasi menggunakan metode purposive area yaitu di SMA Negeri Ambulu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X.2 sampai dengan kelas X.7. Sampel yang digunakan adalah kelas X.4 sebagai kelas kontrol, yaitu kelas yang menggunakan model pembelajaran konvensional dan kelas X.5 sebagai kelas eksperimen 2 yaitu kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif metode STAD, serta kelas X.7 sebagai kelas eksperimen 1 yaitu kelas yang menggunakan model pembelajaran kooperatif metode TGT. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, observasi, wawancara, dan dokumen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Anava dan uji HSD (head significant different). Sebelum melakukan uji Anava terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dengan menggunakan anava dan dilakukan uji normalitas menggunakan chi square. Hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui model pembelajaran kooperatif metode TGT dengan hasil belajar siswa yang diperoleh melalui model pembelajaran kooperatif metode STAD dimana Fhitung sebesar 13,740 > harga Ftabel 3,082, dengan demikian Ha diterima. Besar perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif metode STAD dengan model pembelajaran kooperatif metode TGT yaitu -8,7317* dan besar perbedaan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran konvensional dengan model pembelajaran kooperatif metode TGT -17,0976*. Dengan demikian, masing-masing metode tersebut memiliki kelebihan, dimana metode TGT menuntut siswa untuk berkompetisi, sedangkan metode STAD mendorong siswa untuk bekerjasama dengan anggota kelompoknya.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries060210301131;
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatif, Metode TGT, Metode STADen_US
dc.titlePERBEDAAN HASIL BELAJAR SISWA YANG DIPEROLEH MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF METODE TGT, METODE STAD, DENGAN MODEL PEMBELAJARANKONVENSIONAL (Studi Komparatif Di SMA Negeri Ambulu Kelas X Semester Genap Tahun Ajaran 2010/2011 Pada Mata Pelajaran Ekonomi Sub Pokok Bahasan Inflasi)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record