dc.description.abstract | Teori graf adalah cabang kajian yang mempelajari sifat-sifat graf. Sebuah graf G
adalah pasangan himpunan (V, E) dimana V adalah himpunan tidak kosong dari
elemen G yang disebut titik (vertex) dan E adalah himpunan (boleh kosong) dari
pasangan tidak terurut dua titik v1, v2 dimana v1, v2 ∈ V (G) yang disebut sisi (edge).
Graf yang digunakan dalam penelitian ini adalah graf unicyclic. Graf unicyclic adalah
graf dengan order dan size sama yang mempunyai satu siklus. Sebagai contoh kasus,
graf yang digunakan pada penelitian ini adalah graf bull, graf net, graf cricket, graf
caveman, graf peach, dan graf flowerpot. Adapun alasan memilih graf tersebut
sebagai bahan penelitian ini dikarenakan proses generalisasi. Proses generalisasi yang
dimaksud pada penelitian ini adalah bilangan kromatik graceful dari enam graf
yang telah ditemukan belum pernah diteliti/didapatkan oleh peneliti lain, sehingga
menjadikan topik pewarnaan graceful semakin umum dan semakin luas. Karena topik
pewarnaan ini telah tergeneralisasi sehingga dapat memberikan gambaran kepada
peneliti lain untuk mengembangkan topik ini.
Topik yang dijadikan sebagai bahan kajian pada penelitian ini adalah salah satu
topik pada teori graf, yaitu pewarnaan titik pada graf. Pewarnaan titik pada graf adalah
memberikan warna pada titik yang bertetangga dengan warna yang berbeda sehingga
tidak ada dua titik yang bertetangga memiliki warna yang sama. Banyaknya warna
yang optimum yang bisa digunakan untuk mewarnai titik-titik pada suatu graf disebut
bilangan kromatik. Selanjutnya pada penelitian ini dikembangkan pewarnaan graceful
pada graf. Alasan memilih topik ini dikarenakan topik pewarnaan ini termasuk
topik yang baru, belum banyak peneliti yang telah meneliti topik pewarnaan ini.
Pewarnaan graceful merupakan penggabungan konsep graceful dengan pewarnaan
titik. Pewarnaan graceful dilakukan dengan meminimumkan warna titik dan sisi
secara proper. Warna sisi didapat karena akibat dari pewarnaan titik yang bertetangga
dengan sisi tersebut. Pewarnaan sisi dilakukan dengan menghitung nilai absolut selisih
dari titik yang berkaitan dengan sisi tersebut. Bilangan kromatik pada pewarnaan
graceful graf dilambangkan dengan χg(G). Batas bawah dari pewarnaan graceful
pada graf G yaitu menggunakan Lemma mengenai subgraf H dari graf G yang
menyatakan, jika H adalah subgraf dari graf (G), maka χg(G) ≥ χg(H). Selanjutnya
untuk menemukan batas atas dari pewarnaan graceful yaitu dengan menemukan
fungsi setiap titik dan setiap sisi dari graf G.
Penelitian ini fokus mencari bilangan kromatik graceful pada keluarga graf
unicyclic. Setelah mendapatkan bilangan kromatiknya, diperlukan pengajaran dan
desiminasi berupa video pembelajaran mengenai topik pewarnaan graceful ke
masyarakat luas yang ingin mempelajari topik pewarnaan graceful. Online teaching
platform yang digunakan pada penelitian ini adalah Sevima EdLink. Selain dapat
diakses dengan mudah dan tidak berbayar, alasan memilih Sevima EdLink adalah agar
masyarakat dapat mengenal aplikasi ini.
Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksploratif. Alasan penelitian ini
termasuk penelitian eksploratif yaitu karena penelitian bertujuan untuk menemukan
hal baru dan memberikan gambaran dasar mengenai topik ini agar lebih dikenal
masyarakat dan menggeneralisasikan topik ini untuk penelitian selanjutnya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deduktif aksiomatik dan
pendeteksian pola dalam menentukan nilai dari bilangan kromatik graceful pada
keluarga graf unicyclic.
Hasil utama dari penelitian yang dibahas terkait topik ini adalah teorema.
Terdapat enam teorema baru yang ditemukan secara eksperimental dalam penelitian
ini, yaitu bilangan kromatik graceful pada graf bull B3,m dengan m ≥ 2 adalah 4,
bilangan kromatik graceful pada graf net N3,m, untuk m ≥ 2 adalah 5, bilangan
kromatik graceful pada graf cricket Crm,n, untuk n ≥ 3 dan m ≥ 2 adalah 5, bilangan
kromatik graceful pada graf caveman Cn,m, untuk n ≥ 3 dan m ≥ 1 adalah 4, bilangan
kromatik graceful pada graf peach C
m
n
, untuk n ≥ 3 dan m ≥ 1 adalah m + 3, dan
bilangan kromatik graceful pada graf flowerpot CnSm, untuk n, m ≥ 3 adalah m + 2. | en_US |