Show simple item record

dc.contributor.authorAdhitya Nofianto
dc.date.accessioned2013-12-19T06:23:42Z
dc.date.available2013-12-19T06:23:42Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM070210301083
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10419
dc.description.abstractPenelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIIB semester genap SMP Negeri 5 Tanggul tahun ajaran 2010/2011. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara, metode tes dan metode dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa penerapan pembelajaran kooperatif dengan model SAVI (somatis, auditori, visual, intelektual) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari nilai ulangan harian siswa setelah pembelajaran dengan penerapan pembelajaran kooperatif dengan model SAVI (somatis, auditori, visual, intelektual) . Pada siklus pertama, dari 39 siswa yang mengikuti ulangan ada 14 siswa yang masih mendapat nilai di bawah 75 yang ketuntasan klasikalnya hanya sebesar 64,1%. Sedangkan pada siklus II, dari 40 siswa yang mengikuti ulangan harian, hanya ada 7 siswa yang masih belum mencapai ketuntasan hasil belajar secara perorangan, berarti ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 82,5% dan telah memenuhi standar ketuntasan hasil belajar. Oleh karena itu penerapan pembelajaran kooperatif dengan model SAVI (somatis, auditori, visual, intelektual) dapat digunakan sebagai alternatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210301083;
dc.subjectPembelajaran Kooperatif dengan model SAVI (somatis, auditori, visual, intelektual), Aktivitas Belajar, dan Hasil Belajaren_US
dc.titlePENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF DENGAN MODEL SAVI (SOMATIS, AUDITORI, VISUAL, INTELEKTUAL) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA (Studi Kasus Pada Mata Pelajaran IPS Ekonomi Sub Pokok Bahasan Pajak Siswa Kelas VIII B di SMPN 5 Tanggul Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2010/2011)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record