• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Profil Berpikir Kreatif Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Segiempatَ Ditinjauَ Gayaَ Belajar

    No Thumbnail [100%x80]
    View/Open
    EGHA FITRIYAH NINGSIH - 170210101111.pdf (7.890Mb)
    Date
    2021-02-03
    Author
    NINGSIH, Egha Fitriyah
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Berpikir kreatif adalah kemampuan atau keahlian individu ketika menyelesaikan suatu masalah secara kreatif dengan metode dan strategi (divergen) yang bervariasi. Kemampuan berpikir kreatif diukur dengan menggunakan tes yang terdiri atas empat aspek berpikir kreatif yaitu fluency (berpikir lancar), flexibility (berpikir luwes), originality (orisinalitas berpikir) dan elaborasi (penguraian). Masing-masing siswa memiliki cara berpikir yang berbeda dalam mengolah informasi dan memberikan tanggapan dalam mata pelajaran matematika. Perbedaan tersebut dapat dipengaruhi oleh tipe gaya belajar yang dimiliki siswa. Gaya belajar ialah cara belajar seseorang dalam menyerap, memahami, mengatur, serta memproses ilmu pengetahuan yang telah dipelajari guna memperoleh hasil belajar secara optimal. Gaya belajar berpengaruh pada prestasi belajar siswa untuk menentukan bagaimana siswa menyerap pengetahuan. Gaya belajar dibedakan menjadi tiga tipe yaitu gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan profil berpikir kreatif siswa SMP kelas VIII dintinjau dari gaya belajar dalam menyelesaikan masalah segiempat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Proses pengumpulan data dilaksanakan pada tanggal 16-21 November 2021 di SMP Negeri 1 Genteng kelas VIII A dengan jumlah siswa adalah 35 siswa. Penelitian ini menggunakan metode angket kepada seluruh siswa, selanjutnya metode tes dan metode wawancara kepada enam siswa sebagai subjek penilitian dengan ketentutan dua siswa dari setiap gaya belajar yang berbeda. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket gaya belajar, tes berpikir kreatif, dan pedoman wawancara yang telah divalidasi. Berdasarkan analisis data pada keenam subjek yang telah dilakukan, berpikir kreatif siswa dari masing-masing gaya belajar berbeda-beda. Kemampuan berpikir x kreatif siswa dalam setiap gaya belajar dalam penelitian ini mampu memenuhi indikator berpikir kreatif fluency dan originality, namun tidak semua siswa mampu dalam indikator berpikir kreatif flexibility dan elaborasi. Hasil wawancara yag telah dilakukan, siswa gaya belajar visual mampu memenuhi semua indikator berpikir kreatif meliputi fluency, flexibility, originality, dan elaborasi. Siswa gaya belajar auditorial hanya mampu memenuhi tiga indikator berpikir kreatif fluency, flexibility, dan originality serta fluency, flexibility, originality, dan elaborasi. Siswa gaya belajar auditorial mampu memenuhi semua indikator berpikir kreatif meliputi fluency, flexibility, originality, dan elaborasi. Jadi tidak semua siswa yang memiliki tipe gaya belajar yang sama mampu memenuhi semua indikator berpikir kreatif. Terdapat siswa gaya belajar visual dan kinestetik mampu memenuhi semua indikator berpikir kreatif sedangkan siswa gaya belajar auditorial hanya mampu memenuhi tiga indikator berpikir kreatif. Begitu pula, terdapat siswa gaya belajar visual hanya mampu memenuhi dua indikator dan siswa gaya belajar kinestetik hanya mampu memenuhi tiga indikator berpikir kreatif. Hal ini disebabkan karena pengalaman setiap siswa dalam menyelesaikan masalah berbeda-beda.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/104191
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15287]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    NoThumbnail