dc.description.abstract | Komunikasi merupakan kegiatan sosial yang dapat terjadi di mana saja,
misalnya di rumah, di kantor, di sekolah, di kampus, di toko, dan di pasar. Pasar
merupakan salah satu tempat bertemuya penjual dan pembeli dalam melakukan
transaksi jual beli baik produk barang maupun jasa. Pada saat berlangsungnya suatu
proses jual beli, tentunya banyak ditemukan tuturan-tuturan yang telah dilakukan
oleh penjual dan pembeli. Salah satunya yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu
tindak tutur asertif. Jenis tindak tutur asertif yang ditemukam antara lain tuturan
menyatakan, memberitahukan, menyarankan, membanggakan, mengeluh, dan
menunjukkan. Macam jenis tindak tutur asertif tersebut berkaitan dengan
kehidupan sehari-hari, salah satunya dalam peristiwa jual beli di pasar. Penelitian
ini mendeskripsikan (1) wujud tindak tutur asertif dalam interaksi jual beli di pasar
Bondowoso; (2) fungsi tindak tutur asertif dalam interaksi jual beli di pasar
Bondowoso; (3) implikatur dalam tuturan tindak tutur asertif dalam interaksi jual
beli di pasar Bondowoso; (4) pemanfaatan tindak tutur asertif dalam interaksi jual
beli di pasar Bondowoso sebagai materi pembelajaran bahasa Indonesia di SMA.
Penelitian ini memiliki kaitan dengan mata pelajaran bahasa Indonesia pada
kurikulum 2013 salah satunya materi teks negosiasi yang diajarkan di kelas X.
Tujuan dari pembelajaran ini yaitu agar siswa memperoleh pengalaman langsung
dan memperoleh keterampilan dalam berbahasa. Aktivitas jual beli yang terjadi di
pasar Bondowoso dapat diimplementasikan dalam pembelajaran bahasa Indonesia
materi teks negosiasi. Dengan demikian, peneliti tertarik untuk meneliti lebih jauh
proses pembelajaran yang terjadi di sekolah tersebut. | en_US |