Reformasi Pengelolaan Pasar Blambangan Kabupaten Banyuwangi
Abstract
Sebagai upaya memperbaiki kualitas dan kuantitas pasar blambangan,
Dinas Koperasi, Usaha Mikro dan Perdagangan Kabupaten Banyuwangi bersama
UPT pasar blambangan serius untuk meningkatkan pengelolaan di pasar
Blambangan Kabupaten Banyuwangi dengan cara memperbaiki atau mereformasi
sistem pengelolaan pasar. yaitu dari segi pelayanan publik, sumber daya manusia,
penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas, pola pikir dan budaya kerja yang
profesional. Upaya yang dilakukan oleh pengelola pasar berjalan dengan cukup
baik, banyak perubahan baik dari segi pelayanan publik, sumber daya manusia,
penguatan pengawasan, penguatan akuntabilitas, pola pikir dan budaya kerja yang
profesional. Selain itu upaya tersebut juga membuahkan hasil yaitu diraihnya
juara 1 event festival pasar rakyat se Kabupaten Banyuwangi oleh pasar
Blambangan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa
reformasi pengelolaan pasar di pasar blambangan Kabupaten Banyuwangi.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan
menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Penentuan informan
menggunakan teknik purposive. Fokus penelitian ini adalah proses reformasi
pengelolaan pasar di pasar blambangan Kabupaten Banyuwangi. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi, dan
dokumentasi. Teknik menguji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber
dan triangulasi teknik. Teknik penyajian dan analisis data menggunakan teknik
analisis reduksi.