• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Economic and Business
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Pengaruh Tingkat Pengungkapan Corporate Social Responsibility (Csr) Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Agroindustri Yang Terdaftar DI Bursa Efek Indonesia

    Thumbnail
    View/Open
    Stephen Jonathan Harsono - 170810301011.pdf-.pdf (3.225Mb)
    Date
    2020-12-09
    Author
    HARSONO, Stephen Jonathan
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Para stakeholeder akan menggunakan laporan posisi keuangan, kinerja keuangan dan arus kas perusahaan untuk mengambil keputusan di dalam perusahaan. Pengambilan keputusan yang rasional oleh investor akan tercapai apabila informasi keuangan dapat disajikan dengan lengkap, akurat dan tepat waktu sehingga akan memperoleh hasil apa yang di inginkan. Informasi dalam laporan keuangan harus disampaikan secara luas dikarenakan merupakan tanggungjawab dari perusahaan untuk memenuhi tuntutan dari semua pihak yang berkepentingan. CSR didefinisikan sebgai tanggungjawab entitas dalam menjalankan aktivitas operasional perusahaan dengan menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar. Semakin besar aktivitas operasional perusahaan, maka tanggung jawab sosial yang harus diberikan akan semakin besar. Pelaksanaan Corporate Social Responsibility diatur dalam Undang-Undang No.40 Tahun 2007 pasal 74 mengenai Perseroan Terbatas yang berisi kewajiban untuk melakukan tanggung jawab sosial dan lingkungan bagi perusahaan yang berkaitan dengan sumber daya alam. Dalam penyusunan laporan keuangan manajemen perusahaan mempunyai hak untuk melakukan kebijakan tertentu demi tercapainya tujuan perusahaan. Kebijakan tiap perusahaan berbeda tergantung dari tujuan dari masing-masing perusahaan dikarenakan kebijakan setiap perusahaan dipengaruhi oleh beberapa faktor pendukung yaitu kualitas laporan keuangan. Stakeholder dalam perusahaan memberikan kebebasan bagi manajer yang cenderung dimanfaatkan sebagai tindakan manajemen laba untuk melindungi diri dan memenuhi tuntutan perusahaan yang bertujuan untuk mencegah dari hal-hal yang tak terduga. Setijaningsih (2012) menyatakan bahwa manajamen laba merupakan perilaku manajer yang memanfaatkan pemilihan kebijakan akuntansi yang dapat berpengaruh pada laporan keuangan, sehingga tidak menggambarkan keadaan perusahaan yang sebenarnya dan mempengaruhi keputusan yang diambil oleh stakeholder. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengungkapan corporate social responsibility terhadap manajemen laba pada perusahaan agroindustri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang berasal dari data sekunder berupa laporan keuangan dan laporan tahunan. Sampel penelitian yang digunakan yaitu perusahaan agroindustri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2017-2019. Penelitian ini menggunakan corporate social responsibilty sebagai variabel independen yang diukur dengan indeks GRI Standard. Sedangkan manajemen laba dalam penelitian ini sebagai varaibel dependen yang diukur menggunkana model Stubben yaitu revenue model dan conditional revenue model. Selain itu, dalam penelitian ini menggunakan variabel kontrol yaitu leverage yang dihitung menggunakan rumus DER. Metode analalisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi linier dengan menggunakan uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Uji asumsi klassik yang digunakan meliputi uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Uji hipotesis yang digunakan terdiri dari uji F, uji t, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian pada hipotesis satu a menunjukkan corporate social responsibilty tidak berpengaruh terhadap manajemen laba revenue model. Hal ini dapat diketahui dari hasil uji t baik pada metode revenue model variabel CSR menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,127 lebih besar dari tingkat signifikansi yang ditentukan yaitu 0,05. Sedangkan pada hasil penelitian pada hipotesis satu b menunjukkan corporate social responsibilty berpengaruh positif terhadap manajemen laba conditional revenue model. Hal ini dapat diketahui dari hasil uji t yang menunjukkan nilai signifikansi variabel CSR pada metode conditional revenue sebesar 0,034 lebih kecil dari 0,05. Selain itu, leverage sebagai variabel kontrol tidak berpengaruh terhadap manajemen laba yang ditunjukkan pada hasil uji t pada metode revenue model menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,082 dan pada metode conditional revenue model sebesar 0,081 yang berarti lebih besar dari 0,05.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103908
    Collections
    • UT-Faculty of Economic and Business [12471]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository