dc.description.abstract | Rancangan penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Jenis penelitian adalah
deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan tes essay. Tes berupa penugasan
yaitu menugaskan siswa sebagai responden membuat tulisan persuasi. Analisis data
yang dilakukan terdiri atas tiga proses yaitu mengidentifikasi dan mengklasifikasi,
menganalisis, dan menyimpulkan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa diksi yang digunakan oleh siswa dalam
karangan persuasi yaitu penggunaan denotatif, sedangkan gaya bahasa yang
digunakan oleh siswa dalam karangan persuasi yaitu gaya bahasa retoris, sehingga
diindikasikan bahwa siswa kelas X-E SMA Negeri 2 Tanggul dapat membuat
karangan persuasi.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat diberikan saran antara lain (1) bagi siswa
hasil penelitian ini dapat menambahkan pengetahuan tentang materi pembelajaran
menulis karangan persuasi, penggunaan diksi dan gaya bahasa yang sesuai, dan (2)
bagi guru Bahasa Indonesia hasil penelitian ini dapat memberikan kontribusi pada
materi penggunaan diksi dan gaya bahasa. | en_US |