Show simple item record

dc.contributor.advisorSUNARDI
dc.contributor.advisorMONALISA, Lioni Anka
dc.date.accessioned2021-04-05T04:03:53Z
dc.date.available2021-04-05T04:03:53Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103868
dc.description.abstractPendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang. Pendidikan sendiri sangat berpengaruh terhadap pembangunan sehingga perlu adanya kualitas yang dihasilkan,kemampuan produk yang akan dihasilkan di masa yang akan datang. Untuk itu perlu peningkatan mutu pendidikan di Indonesia untuk membangun masyarakat di lingkungan, pendidikan harus mampu mengubah kepribadian menuju ke yang lebih baik. Kurikulum ialah sejumlah mata ajaran yang harus ditempuh dan dipelajari oleh siswa untuk memperoleh sejumlah pengetahuan. Dalam suatu sistem pendidikan, kurikulum itu bersifat dinamis serta harus selalu dilakukan perubahan dan pengembangan, agar dapat mengikuti perkembangan zaman. Hal tersebut juga sesuaidengan visi dan misi Partnership for 21th century learning (P21) yang menyatakan bahwa perubahan di dunia pendidikan harus terus dilakukan sehinggasemua peserta didik memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang mereka butuhkan untuk berkembang di dunia. Tantangan dalam pembelajaran abad 21 dan kurikulum 2013 menuntut kemampuan guru sebagai pengajar untuk lebih mampu mendesain pembelajaran agar sesuai dengan tujuan pendidikan abad 21 ini. Ada suatu inovasi pendidikan dari yang sudah dilaksanakan di beberapa negara maju di dunia. Inovasi baru dari P21 yang terbukti hasil PISA dan TIMSS mereka jauh diatas Indonesia. Inovasi baru tersebut adalah indikator 4C’s yaitu critical thinking, communication, collaboration, dan creativity. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan indikator 4C’s yang selaras dengan kurikulum 2013 pada mata pelajaran matematika SMA/MA kelas XII semester II. Dalam penelitian ini yang dikembangkan adalah indikator matematika untuk kelas XII semester 2 yang dapat digunakan sebagai acuan untuk mengembangkan karakter 4 C’s yaitu berpikir kritis (critical thinking), kreatif(creative), kolaborasi (collaboration), dan komunikasi (communication). Pengembangan indikator 4C’s mengacu pada kemampuan P21. Adapun kemampuan P21 pada masing – masing komponen adalah sebagai berikut: a) Berpikir kritis (critical thinking)  Menggunakan berbagai jenis penalaran (induktif, deduktif, dll) yang sesuai dengan situasi.  Menganalisis dan mengevaluasi fakta-fakta, pendapat, dan keyakinan secara efektif. b) Komunikasi (communication)  Mengungkapkan pikiran dan ide secara efektif menggunakan keterampilan komunikasi lisan atau tertulis dalam berbagai bentuk dan konteks.  Menggunakan komunikasi untuk berbagai tujuan (misalnya menginformasikan, mengintruksikan, memotivasi dan mengajak). c) Kreatif (creative)  Menggunakan teknik penciptaan ide yang luas (seperti brainstorming).  Menciptakan ide baru atau konsep untuk menganalisis suatu masalah. d) Kolaborasi (collaboration)  Menunjukkan kemampuan untuk bekerja secara efektif dan saling menghormati dengan kelompok yang berbeda. Penelitian ini mengacu pada model Plomp yang sudah dimodifikasi. Pada penelitian ini hanya melakukan fase investigasi awal (preliminaryinvestigation), fase desain (design), fase realisasi/konstruksi (realization/construction), dan fase tes, evaluasi dan revisi (test, evaluation and revision), sedangkan tahap implementasi (implementation) tidak digunakan dalam penelitian ini karena keterbatasan waktu dan biaya. Hasil pengembangan berupa indikator 4C’s yang selaras dengan kurikulum 2013 selanjutnya akan dinilai kevalidannya oleh 4 validator yang terdiri dari 2 dosen pendidikan matematika Universitas Jember dan 2 guru bidang studi matematika SMAN di Jember. Hasil validasi tersebut kemudian dihitung dan dianalisis. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa rata – rata nilai validasi untuk setiap indikator (𝐴𝑖 ) terendah adalah 3,5 dan tertinggi adalah 3,75. Hasil perhitungan rerata total untuk setiap aspek (𝑉𝑎) adalah 3,63. Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis yang dilakukan, hasil pengembangan indikator 4C’s yang diselaraskan dengan kurikulum 2013 menunjukkan kategori valid karena produk dapat dikatakan valid apabila hasil perhitungan rerata total untuk setiap aspek (𝑉𝑎) lebih dari atau sama dengan 3,25.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries130210101070;
dc.subjectIndikator 4c’sen_US
dc.subjectKurikulumen_US
dc.subjectMatematikaen_US
dc.subjectPengembanganen_US
dc.titlePengembangan Indikator 4c’s Yang Selaras Dengan Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Matematika Sma/Ma Kelas XII Semester IIen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.prodi0210101


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record