Show simple item record

dc.contributor.authorAli Usman
dc.date.accessioned2013-12-19T05:49:33Z
dc.date.available2013-12-19T05:49:33Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM070210193087
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10363
dc.description.abstractBerdasarkan data pra siklus yang dilakukan pada tanggal 28 November 2011 di kelas VIII B SMP Negeri 3 Balung, Jember ditemukan hasil belajar biologi tergolong rendah berdasarkan data pra siklus, hasil belajar biologi siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Balung dari data ulangan harian materi sebelumnya kelas VIII B dari 35 siswa hanya 54,2% siswa yang mendapatkan nilai ≥ 72 sedangkan 45,7% siswa lainnya mendapatkan nilai < 72 dan siswa harus sering diingatkan dalam mengikuti proses pembelajaran misalnya dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Berdasarkan uraian di atas maka diperlukan perbaikan pembelajaran melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dengan media animasi flash untuk meningkatkan hasil belajar dan karakter siswa yang dapat memberikan kesempatan kepada siswa untuk berpikir secara mandiri serta bekerja sama dengan kelompok. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah ditetapkan di kelas VIII B SMP Negeri 3 Balung tahun pelajaran 2011/2012 yang dimulai tanggal 07 November 2011 sampai dengan 28 November 2011. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar dan karakter siswa kelas VIII B SMP Negeri 3 Balung, Jember pada pelajaran IPA Biologi menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dengan media animasi flash dari pra siklus dengan persentase ketuntasan klasikal yaitu 54,2% yang menunjukkan hasil belajar siswa rendah pada siklus satu hasil meningkat menjadi 65,7% tapi peningkatan hasil belajar pada siklus satu ini belum mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) SMP Negeri 3 Balung, Jember yaitu ≥ 75%. Siklus dua merupakan siklus peningkatan dari kekurangan yang ada pada siklus satu pada siklus dua ini terjadi peningkatan hasil belajar dari siklus satu yaitu 55,7% meningkat menjadi 82,8% peningkatan hasil belajar pada siklus dua ini sudah memenuhi KKM yaitu 75%. Peningkatan karakter siswa dari pra siklus ke siklus satu terjadi peningkatan karakter pada siklus satu dari lima karakter, empat karakter di antaranya yaitu karakter disiplin, kerja keras, mandiri, dan tanggung jawab cenderung ke MB yaitu siswa melakukan karakter MB (belum konsisten) hal ini karena masih ada beberapa siswa masih belum mengerti tata cara dan karakter apa saja yang ditingkatkan dalam model pembelajaran ini, jadi guru masih harus sering mengingatkan kepada siswa. Untuk karakter rasa ingin tahun pada siklus satu ini cenderung ke BT (belum melakukan karakter) hal ini dikarenakan siswa itu masih malu untuk bertanya kepada guru mereka lebih suka bertanya kepada teman sekelompoknya Pada siklus dua karakter siswa semakin meningkat. Kenaikan karakter pada siklus dua dapat dilihat dari perbandingan antara karakter pada siklus satu dengan siklus dua pada siklus dua ini dari kelima karakter yaitu karakter disiplin, kerja keras, mandiri, dan tanggung jawab masih cenderung ke MB yaitu siswa melakukan karakter belum konsisten tapi kecenderungan siswa ke MB jumlah berkurang dan meningkat pada MK (siswa melakukan karakter dengan konsisten). Untuk karakter rasa ingin tahun juga masih cenderung ke BT (belum melakukan karakter) tapi pada siklus dua ini sudah meningkat ke MB (siswa melakukan karakter belum konsisten). Kesimpulan dari penelitian penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) dengan media animasi flash untuk meningkatkan hasil belajar dan karakter siswa (Siswa kelas VIII B Negeri 3 Balung, Jember Tahun Pelajaran 2011/2012) dapat meningkatkan hasil belajar dan karakter siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries070210193087;
dc.subjectMODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DENGAN MEDIA ANIMASI FLASHen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DENGAN MEDIA ANIMASI FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KARAKTER SISWA (Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 3 Balung, Jember Tahun Pelajaran 2011/2012)en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record