Show simple item record

dc.contributor.advisorDafik
dc.contributor.advisorMurtikusuma, Randi Pratama
dc.contributor.authorSaniriati, Desak Made Dwika
dc.date.accessioned2021-03-24T02:11:10Z
dc.date.available2021-03-24T02:11:10Z
dc.date.issued2020-11-10
dc.identifier.nim160210101116
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103575
dc.description.abstractTuntutan global terhadap pesatnya perkembangan teknologi menuntut dunia pendidikan untuk senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi terhadap usaha dalam peningkatan mutu pendidikan. Adanya pandemi COVID-19 saat ini mengakibatkan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan sangat dibutuhkan untuk keberlangsungan proses pembelajaran jarak jauh atau secara online. Hal tersebut dapat dilakukan dengan memanfaatkan berbagai software maupun e-learning gratis yang tersedia sebagai media pembelajaran. Penggunaan e-learning yang bersifat open source dapat digunakan dalam pembelajaran kapanpun dan dimanapun selama terhubung dengan jaringan internet. Salah satunya pemanfaatan e-learning Schoology dalam pembelajaran sebagai media untuk meletakkan materi, tes maupun berkomunikasi melalui fitur- fitur yang telah tersedia. Penyampaian materi dapat dikombinasikan dengan memanfaatkan software Adobe Animate. Melalui software ini dapat dikembangkan sebuah media pembelajaran untuk membantu siswa dalam memvisualisasikan permasalahan barisan dan deret aritmetika dengan tampilan ilustrasi yang menarik. Penelitian pengembangan media pembelajaran Adobe Animate berbantuan Schoology pada materi barisan dan deret aritmetika ini menggunakan model pengembangan Thiagarajan atau model 4-D yang telah dimodifikasi. Model pengembangan ini terdiri dari empat tahapan, yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Penelitian pengembangan bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Kevalidan media pembelajaran diperoleh dari hasil validasi oleh dua Dosen Pendidikan Matematika dan guru matematika SMAN 3 Jember. Setelah dinyatakan valid, dilakukan uji coba secara online kepada 20 siswa kelas XI MIPA 6 SMAN 3 Jember untuk mengetahui tingkat kepraktisan dan keefektifan media pembelajaran. Kepraktisan media pembelajaran ini diperoleh dari hasil angket respon siswa sedangkan tingkat keefektifan diperoleh dari tes hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran. Hasil pengembangan media pada penelitian ini sebagai berikut. 1. Berdasarkan hasil analisis kevalidan, diperoleh koefisien korelasi  sebesar 0,94 sehingga media pembelajaran ini dinyatakan valid dengan kategori sangat tinggi dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran terkait materi yang disajikan. 2. Media pembelajaran dinyatakan praktis berdasarkan hasil angket respon siswa yaitu sebesar 81,75% dengan kategori baik. 3. Siswa mendapatkan persentase ketuntasan hasil belajar mencapai 85% menunjukkan bahwa media pembelajaran dapat dikategorikan efektif karena lebih dari 80% siswa yang merupakan subjek penelitian dapat memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) setelah menggunakan media pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka media pembelajaran Adobe Animate berbantuan Schoology pada materi barisan dan deret aritmetika dapat digunakan dalam proses pembelajaran karena telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan MIPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2020en_US
dc.subjectMedia Pembelajaranen_US
dc.subjectAdobe Animateen_US
dc.subjectSchoologyen_US
dc.subjectMateri Barisan dan Deret Aritmetikaen_US
dc.titlePengembangan Media Pembelajaran Adobe Animate Berbantuan Schoology pada Materi Barisan dan Deret Aritmetikaen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record