Show simple item record

dc.contributor.authorOcita Dian Antari
dc.date.accessioned2013-12-19T05:31:56Z
dc.date.available2013-12-19T05:31:56Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM050210102090
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10341
dc.description.abstractHasil observasi awal di kelas VIII-C SMP Negeri 3 Genteng, ditemukan rendahnya ketuntasan hasil belajar fisika siswa. Berdasarkan data ulangan harian kelas VIII-C dari 40 siswa hanya 15% yang mendapatkan nilai ≥ 70; sedangkan 85% siswa lainnya mendapatkan nilai < 70. Aktivitas belajar siswa juga tergolong rendah yaitu dari 40 siswa hanya 10,62% siswa yang aktif memperhatikan penjelasan guru, bertanya dan menjawab pertanyaan. Berdasarkan temuan di atas, maka diperlukan perbaikan pembelajaran melalui Model Project Based Learning dengan pendekatan Inquiry untuk meningkatkan hasil belajar dan aktivitas siswa kelas VIII-C SMP Negeri 3 Genteng. Model ini memiliki kelebihan yaitu siswa dapat bekerja bersama dalam kelompok sehingga aktivitas siswa dapat meningkat serta siswa juga dapat memperoleh pengalaman dan pengetahuan secara langsung dalam menyelesaikan masalah. Selain itu siswa akan lebih mudah untuk menemukan dan memahami konsep-konsep yang sulit apabila saling mendiskusikan permasalahan tersebut dengan teman dalam kelompoknya. Dengan pendekatan Inquiry siswa mampu menemukan sendiri permasalahan-permasalahan yang ada. Tahap-tahap Model Project Based Learning dengan pendekatan Inquiry adalah sebagai berikut: big questions, mendisain perencanaan proyek, membuat skedul, memonitor dan memantau perkembangan proyek, penilaian hasil dan mengevaluasi pengalaman. Melalui tahap tersebut, maka aktivitas siswa yang sesuai dengan keterampilan proses dalam pembelajaran IPA dapat dikembangkan pada tahapan-tahapan yang ada. Selain itu, aktivitas siswa dalam memperhatikan pelajaran, bertanya atau menjawab, diskusi dan mengerjakan proyek dapat juga dikembangkan pada tahap tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas sehingga subyek penelitian sudah ditetapkan di kelas VIII-C SMP Negeri 3 Genteng tahun ajaran 2010/2011 yang dimulai tanggal 27 September 2010 sampai dengan 09 Oktober 2010. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Data yang didapatkan adalah aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung dan hasil post test pada siklus I dan siklus II serta hasil wawancara dengan guru bidang studi fisika dan siswa. Berdasarkan analisis post test pada siklus I diperoleh ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 35%, siswa yang tuntas belajar secara perseorangan sebanyak 14 siswa dan yang tidak tuntas secara perseorangan sebanyak 26 siswa. Sedangkan analisis post test pada siklus II diperoleh ketuntasan hasil belajar secara klasikal sebesar 77,5%, siswa yang tuntas belajar secara perseorangan sebanyak 31 siswa dan yang tidak tuntas secara perseorangan sebanyak 9 siswa. Persentase aktivitas siswa secara klasikal yang meliputi memperhatikan penjelasan guru atau teman, bertanya, menjawab, mengajukan pendapat, kerja kelompok, presentasi, mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu masing-masing 30,63% dan 63,35%. Dari hasil di atas menunjukkan Model Project Based Learning dengan pendekatan Inquiry dapat digunakan sebagai alternatif model pembelajaran yang membuat siswa lebih aktif dan lebih dapat memahami konsep fisika dalam rangka meningkatkan ketuntasan hasil belajar fisika siswa dan aktivitas belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries050210102090;
dc.subjectAKTIVITAS BELAJARen_US
dc.titleMENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN INQUIRY PADA SISWA KELAS VIII SMPN 3 GENTENGen_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record