Show simple item record

dc.contributor.authorKaw Imam Muttaqin
dc.date.accessioned2013-12-19T03:56:14Z
dc.date.available2013-12-19T03:56:14Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM080210204270
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10317
dc.description.abstractRendahnya nilai mata pelajaran IPA di sekolah dasar disebabkan oleh beberapa faktor salah satunya adalah metode pembelajaran yang digunakan guru di dalam kelas kurang bervariatif, sehingga pemahaman terhadap konsep-konsep IPA sulit dimengerti anak sehingga berakibat pada rendahnya aktivitas dan hasil belajar IPA. Salah satu cara untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan metode pembelajaran inkuiri dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai media pembelajaran. Dengan menggunakan metode ini anak diharapkan akan cepat mengerti tentang konsep-konsep dalam IPA yang pada akhirnya dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Rumusan masalah ini adalah (1) bagaimana meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui metode pembelajaran inkuiri dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar, (2) bagaimana meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran inkuiri dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar dan tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah (1) meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui metode pembelajaran inkuiri dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar, (2) meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran inkuiri dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar. viii Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan metode inkuiri. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Ajung 02 tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini dilaksanakan pada tangggal 22 Oktober sampai dengan 2 November 2011 dalam dua siklus, meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode dalam penelitian ini adalah dengan metode inkuiri. Metode inkuiri merupakan metode pembelajaran yang menekankan kepada aktivitas siswa secara maksimal untuk mencari dan menemukan, artinya pendekatan inkuiri menempatkan siswa sebagai subjek belajar. Data dalam penelitian dapat diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi Berdasarkan hasil penelitian pada siklus menunjukkan bahwa, persentase aktivitas siswa ( p ) = 58,33%, yang tergolong keaktifannya sedang dan persentase ketuntasan belajar sebesar 60% yang tergolong belum mencapai ketuntasan belajar a secara klasikal. Dalam hal ini persentase ketuntasan hasil belajar belum mencapai 75%, sehingga perlu dilakukan perbaikan langkah-langkah pembelajaran pada siklus 2. Pada siklus 2, persentase aktivitas siswa sebesar ( p ) = 68,05%, yang tergolong aktif dan persentase ketuntasan belajar hasil belajar sebesar 80%, yang tergolong a telah mencapai kentuntasan belajar secara klasikal. Berdasarkan hasil di atas maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode inkuiri pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Ajung 02 Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Adapun saran yang dapat diberikan berdasarkan penelitian ini adalah pembelajaran IPA dengan menggunakan metode inkuiri sebaiknya dapat dijadikan guru sebagai alternatif strategi pembelajaran di kelas, agar hasil belajar yang dicapai maksimal maka guru harus lebih memberikan perhatian pada siswa yang kurang memahami materi, guru lebih menguasai 5 komponen langkah-langkah dalam metode inkuiri agar dapat mencapai hasil yang maksimal.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204270;
dc.subjectMetode Inkuiri dengan Memanfaatkan Lingkungan Sekitar Sekolahen_US
dc.titlePENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI METODE INKUIRI DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KELAS IV SDN AJUNG 02 KECAMATAN AJUNG JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record