Show simple item record

dc.contributor.authorSUSANTO, Tantut
dc.contributor.authorKHOLIFAH, Siti Nur
dc.contributor.authorRASNI, Hanny
dc.contributor.authorSUSUMANINGRUM, Latifa Aini
dc.date.accessioned2021-02-18T06:50:37Z
dc.date.available2021-02-18T06:50:37Z
dc.date.issued2020-12-01
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/103124
dc.description.abstractBuku ini merupakan Buku Ajar Praktikum Keperawatan Komunitas yang berisi tentang aspek kemampuan pengetahuan, sikap dan tindakan dalam praktek keperawatan komunitas. Buku ajar ini menjelaskan bagaimana kemampuan yang harus dimiliki oleh mahasiswa keperawatan dalam mata ajar keperawatan komunitas. Buku ajar ini mengupas terkait kemampuan mahasiswa keperawatan dalam menguasai proses keperawatan komunitas, strategi pendekatan masyarakat, pendidikan kesehatan di komunitas, posyandu balita, Posyandu lansia, dan posbindu PTM, analisis program di Puskesmas, mini lokakarya Puskesmas, Diskusi Refleksi Kasus dan terapi modalitas pada kelompok. Buku ajar ini akan memfasilitasi praktek belajar laboratorium maupun lapangan bagi mahasiswa keperawatan untuk melakukan ketrampilan didalam Puskesmas maupun pelayanan di luar Puskesmas, yaitu di komunitas. Bagian awal buku ini mengupas terkait konsep komunitas dan proses keperawatan komunitas. Mahasiswa diberikan keterampilan dalam belajar praktikum menyusun asuhan keperawatan komunitas dengan pendekatan proses keperawatan komunitas, mulai dari tahap pengkajian, perumusan diagnosis keperawatan, penyusunan perencanaan keperawatan komunitas, pemilihan tindakan keperawatan komunitas, dan bagaimana mengevaluasi keperawatan komunitas. Bagian pengajaran praktikum awal ini, mahasiswa akan mampu melakukan asuhan keperawatan komunitas secara siklik, holistik, dan komprehensif dari pengkajian hingga evaluasi keperawatan komunitas dalam pemenuhan kebutuhan komunitas sebagai mitra. Bab selanjutnya, mahasiswa akan diajarkan tentang bagaimana dapat melakukan strategi pendekatan pada masyarakat. Pada bagian ini, mahasiswa akan belajar melakukan simulasi Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) tahap I, II, dan III dalam mengidentifikasi permasalahan komunitas hingga memecahkan permasalahan di komunitas Bersama dengan setiap elemen di komunitas. Oleh karena itu, pada bagian ini mahasiswa akan dapat menjadi bagian dari komunitas untuk dapat melakukan asuhan keperawatan komunitas. Mahasiswa juga akan belajar melakukan pendidikan kesehatan di komunitas dan melakukan simulasi setiap Usaha Kesehatan Bersumber Daya Masyarakat (UKBM), dalam buku ini dikenalkan tiga jenis UKBM yang wajib bisa disimulasikan oleh mahasiswa, yaitu Posyandu Balita, Posyandu Lansia, dan Posbindu PTM, diakhir pembelajaran praktikum mahasiswa dapat melakukan kegiatan Posyandu melalui pelaksanaan lima meja di laboratorium dan komunitas. Bagian akhir buku ajar praktikum ini, mahasiswa belajar tentang Puskesmas sebagai Pusat Kesehatan Masyarakat yang memberikan pelayanan kesehatan primer di masyarakat. Mahasiswa akan mengenal Puskesmas dan melakukan ketrampilan dalam menganalisis program pelayanan kesehatan yang ada di Puskesmas. Lebih lanjut, mahasiswa akan mensimulasikan lokakarya mini Puskesmas sebagai suatu bentuk manajemen Puskesmas dalam menyusun program dan aktivitas perencanaan di Puskesmas.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherJakarta: EGC, 2020en_US
dc.subjectKeperawatan Komunitasen_US
dc.subjectKeperawatanen_US
dc.titleBuku Ajar Praktikum Keperawatan Komunitasen_US
dc.typeBooken_US
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI2310101#IlmuKeperawatan
dc.identifier.nidnNIDN0005018003
dc.identifier.nidnNIDN0019127602
dc.identifier.nidnNIDN0026097104


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record