dc.description.abstract | Penulis melaksanakan praktek kerja nyata di Hotel Royal n’
Lounge Jember di departemen Food and Beverage di bagian Food and Beverage
Service. Waktu pelaksanaan kegiatan praktek kerja nyata ini dilaksanakan oleh
mahasiswa selama lima bulan. Jadwal pelaksanaan praktek kerja terhitung mulai
tanggal 31 Desember 2017 sampai 31 Mei 2018 di Hotel Royal n’ Lounge Jember.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam pelaksanaan praktek kerja nyata
yaitu pengamatan, wawancara, dokumen, dan studi pustaka.
Hotel Royal n’ Lounge Jember merupakan satu-satunya hotel di Kota Jember
yang berkonsep minimalis, menjadikan hotel yang unik dan elegan. Royal Hotel
Jember n’ Lounge Jember merupakan hotel berbintang tiga dengan lokasi hotel yang
sangat strategis di pusat kota tabako yaitu Kota Jember. Hotel Royal n’ Lounge Jember
tidak hanya menyediakan kamar tetapi juga menyediakan produk dan fasilitas-fasilitas
seperti tipe kamar, accomodation, meeting room dan banquet, dining & entertainment,
bluemoon swimming pool, 24 hours room service, car park.
Food and Beverage service merupakan bagian yang bertugas dalam hal jasa
pelayanan makan dan minum untuk pelanggan yang tinggal di kamar hotel, kegiatan
sehari-hari yang dilakukan yaitu: menyambut tamu pada saat datang, mempersilakan
tamu duduk, menuangkan air putih, menawarka menu kepada tamu, menyajikan
minuman, setelah itu menyajikan makanan, mengambil piring-piring kotor atau gelasgelas
kotor, menawarkan makanan penutup atau minuman yang lain, menagihkan bon
atau tagihan kepada tamu, hingga mengucapkan terima kasih kepada tamu telah datang
ke restoran dan mengharapkan tamu untuk datang kembali.
Peran waiter dalam melayani tamu harus sesuai dengan Standart Operational
Procedure, hal itu sangat penting bagi sebuah hotel kerena SOP menjelaskan tentang
prosedur sebuah pekerjaan, sehingga dapat mempermudah waiter dalam bekerja,
terutama dalam kinerja waiter yang memerlukan SOP dalam pekerjaannya. Dalam
melayani tamu hotel peran waiter di Hotel Royal n’ Lounge Jember memiliki Standart
Operational Procedure sendiri saat memulai pekerjaannya tahap demi tahap. Berikut
merupakan upaya peran waiter dalam melayani tamu hotel di Hotel Royal n’ Lounge
Jember, seperti greeter, taking order, food checker, runner, melengkapi equipment,
menjalani pelatihan dari pihak dalam hotel, menjalani pelatihan di luar hotel, melakukan
studi banding dengan hotel lain. | en_US |