Show simple item record

dc.contributor.authorHOBRI, Hobri
dc.contributor.authorTUSSOLIKHA, Dianita
dc.contributor.authorOKTAVIANINGTYAS, Ervin
dc.date.accessioned2021-01-03T16:56:27Z
dc.date.available2021-01-03T16:56:27Z
dc.date.issued2020-07-01
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102965
dc.description.abstractDiberikannya jumping task (JT) merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian deskriptif kualitatif dilakukan untuk menggambarkan dan menganalisis kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika, baik yang bergaya kognitif field dependent (FD) dan field independent (FI). JT adalah soal dengan level tingkat tinggi, C4-C6 dalam taksonomi Bloom topik Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 SMA Negeri 4 Jember dengan 30 siswa yang terdiri dari 5 siswa FD dan 25 siswa FI. Metode pengumpulan data menggunakan tes (soal JT) dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan kemampuan subjek FD dan FI dalam tahap melaksanakan rencana penyelesaian dan memeriksa kembali, yaitu subjek FI mempunyai kemampuan pemecahan yang lebih baik jika dibandingkan subjek FD dalam tahap merencanakan penyelesaian dan memeriksa kembali, sedangkan pada tahapan Polya yang lain tidak ada perbedaan.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherJurnal Elemen, Vol. 6 No. 2, Juli 2020, hal. 183 – 198en_US
dc.subjectgaya kognitifen_US
dc.subjectjumping tasken_US
dc.subjectpemecahan masalah matematisen_US
dc.titlePemecahan Masalah dalam Menyelesaikan Soal Jumping Task ditinjau dari Gaya Kognitifen_US
dc.typeArticleen_US
dc.identifier.kodeprodiKODEPRODI0210101#Pendidikan Matematika
dc.identifier.nidnNIDNNIDN0006057301
dc.identifier.nidnNIDN0014108502


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record