Show simple item record

dc.contributor.authorElok Musfirotuzzahrah
dc.date.accessioned2013-12-19T03:00:07Z
dc.date.available2013-12-19T03:00:07Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM080210204198
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10295
dc.description.abstractSalah satu masalah yang dihadapi dalam dunia pendidikan di Indonesia adalah lemahnya proses pembelajaran terutama pada mata pelajaran IPS. Hal ini disebabkan karena pada umumnya proses pembelajaran yang dilaksanakan disajikan dengan menggunakan metode yang konvesional, sehingga siswa cenderung merasa jenuh dan pasif yang mengakibatkan proses belajar mengajar tidak berjalan optimal. Menurut analisis aktivitas belajar siswa yang rendah tersebut berdampak pada hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Paspan Banyuwangi pada mata pelajaran IPS. Hal ini dapat dilihat dari hasil tes pra siklus pada mata pelajaran IPS, ditemukan bahwa siswa yang mencapai kriteria keberhasilan dalam belajar ada 7 siswa atau 35,00%, sedangkan siswa yang belum mencapai keberhasilan dalam belajar ada 13 siswa atau 65,00%. Hal tersebut menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Paspan Banyuwangi dalam mata pelajaran IPS masih rendah, karena belum memenuhi KKM yang disepakati. Salah satu upaya untuk mengatasinya adalah dengan cara memilih model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran Cooperative Learning merupakan salah satu model pembelajaran yang mendukung pembelajaran konstekstual, salah satunya adalah model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Paspan Banyuwangi mata pelajaran IPS pada pokok bahasan suku bangsa dan budaya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas, dengan objek penelitian kelas IV SDN 1 Paspan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 14 September 2011 sampai 09 Desember 2011 dalam dua siklus, meliputi: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah persentase aktivitas siswa dan persentase hasil belajar siswa secara klasikal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus 1 pertemuan 1, persentase aktivitas siswa mencapai 57,49% , dan hasil belajar siswa sebesar 65,00 % yang tergolong belum mencapai ketuntasan belajar secara klasikal, sehingga penelitian ini dilanjutkan pada siklus 2. langkah-langkah yang dilakukan pada siklus II lebih intensif membimbing kelompok yang mengalami kesulitan, memberikan semangat agar lebih kompak dalam berdiskusi menyelesaikan Lembar Kerja Kelompok, dan memberi penghargaan yang menarik, sehingga pada siklus 2 diperoleh persentase aktivitas siswa mencapai 87,22% sedangkan ketuntasan hasil belajar mencapai 85,00% yang tergolong mencapai kentuntasan belajar secara klasikal dengan peningkatan 20% dari siklus I. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Paspan Banyuwangi. Berdasarkan kesimpulan tersebut, maka saran yang diberikan peneliti adalah untuk melaksanakan strategi pembelajaran yang bersifat Student Centre maka guru dapat memilih metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam proses belajar mengajar agar hasil yang ingin diperoleh dapat lebih maksimal. Selain itu siswa juga diharapkan lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar dan bertanggung jawab terhadap tugas-tugas yang diberikan. Sedangkan bagi peneliti lain, diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini untuk menemukan sesuatu yang baru dan mengarah pada kebaikan hingga pada akhirnya benar-benar dapat bermanfaat bagi banyak orang. Bagi lembaga sekolah, diharapkan dapat terus melakukan upaya pembaruan peningkatan mutu pendidikan khususnya mata pelajaran IPS.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204198;
dc.subjectAktivitas dan Hasil Belajar IPS Pokok Bahasan Suku Bangsa dan Budaya Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsawen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS POKOK BAHASAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA MELALUI PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS IV SDN 1 PASPAN BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2011 / 2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail
Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record