Show simple item record

dc.contributor.advisorPRIHATIN, Jekti
dc.contributor.advisorSUBEHAN, Wachju
dc.contributor.authorSUSAYANG, Sri
dc.date.accessioned2020-12-23T04:12:54Z
dc.date.available2020-12-23T04:12:54Z
dc.date.issued2019
dc.date.submitted
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102908
dc.description.abstractPembelajaran IPA diarahkan untuk menfasilitasi pencapaian kompetensi oleh peserta didik melalui pembelajaran yang mendorong peserta didik mencapai kompetensi yang diharapkan. Peserta didik dapat memperoleh pengetahuan melalui aktivitas mengamati, menanya kemudian mengasosiasi pengetahuan yang telah dimilikinya melalui aktifitas mengumpulkan informasi dan kemudiaan menganalisis data tersebut serta mengkomunikasikan hasilnya. Berdasarkan hal tersebut maka pembelajaran IPA di SMP dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan saintifik. Peserta didik dibimbing untuk secara aktif melaksanakan proses pembelajaran dan mengkontruksi sendiri pengetahuannya, oleh karena itu perlu disiapkan sumber belajar yang dapat membantu peserta didik aktif mengikuti pembelajaran. Salah satu sumber belajar yang dapat membantu peserta didik belajar secara mandiri dan aktif dalam mengikuti pembelajaran adalah modul. Modul memiliki karakteristik antara lain: 1) self instructional, dengan menggunakan modul peserta didik mampu membelajarkan diri sendiri, atau dengan sedikit bimbingan dari guru. 2) self contained, materi dalam modul disajikan secara utuh dan lengkap, satu unit kompetensi dapat dipelajari dalam satu modul. 3) adaptive, materi dalam modul sesuai dengan perkembangan pengetahuan terkini, sehingga modul dapat dipakai dalam waktu yang lama. 4) user friendly, modul mudah digunakan dan bersifat akrab dengan pemakainya, sehingga pengguna modul atau peserta didik mudah merespon dan memahami materi sesuai kebutuhannya. Berdasarkan karakteristik modul tersebut diharapkan pembelajaran dengan menggunakan modul dapat meningkatkan motivasi peserta didik untuk melaksanakan pembelajaran, peserta didik dapat meningkatkan aktivitas belajar secara optimal. Mengingat banyaknya keuntungan belajar dengan menggunakan modul maka sangat diperlukan pengembagan modul terutama untuk materi yang sulit dipahami. Pengembangan modul dalam penelitian ini menggunakan model 4-D (four D Model) yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974), yang terdiri dari 4 Tahap yaitu tahap pendefinisian (define), tahap perancangan (design), tahap pengembangan (develop) dan tahap penyebaran (disseminate). Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul pembelajaran IPA Terpadu yang valid, efektif dan praktis digunakan dalam pembelajaran di SMP. Subyek penelitian adalah peserta didik SMP kelas VII SMP N 5 Situbondo. Hasil validasi dari modul yang dikembangkan untuk aspek kelayakan isi menunjukkan rerata 86,20 termasuk kategori valid, aspek kelayakan penyajian menunjukkan rerata 83,59 kategori valid, aspek kelayakan bahasa menunjukkan rerata 88,14 kategori valid. Kelayakan bahasa didukung juga oleh tingkat keterbacaan modul yang menunjukkan 91,15 kategori tinggi. Aspek kelayakan kegrafikaan menunjukkan rerata 83,33 kategori valid dan aspek materi disesuaikan dengan pendekatan saintifik menunjukkan rerata 79,63 kategori cukup valid, Analisis data untuk mengukur keefektifan modul menunjukkan data N-gain sebesar 0,74 kategori tinggi. Hal ini juga didukung oleh respon peserta didik yang sangat baik terhadap modul dengan skor rata-rata sebesar 84,14. Kepraktisan penggunaan modul dapat diketahui dari data keterlaksanaan pembelajaran yang menunjukkan skor 82,21 kategori sangat baik. Hal ini didukung oleh data respons guru setelah menggunakan modul menunjukkan skor 96,43 kategori sangat baik. Hasil analisis data mengenai kevalidan modul, keefektifan dan kepraktisan penggunaan modul dalam pembelajaran, menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan telah layak digunakan dalam pembelajaran IPA di SMP. Penggunaan modul dalam pembelajaran dapat membantu peserta didik lebih mudah memahami materi dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Modul membantu peserta memahami materi dan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries140220104008;
dc.subjectPengembanganen_US
dc.subjectModul Ipaen_US
dc.subjectSaintifiken_US
dc.subjectStruktur Bumien_US
dc.titlePengembangan Modul Ipa Terpadu Pendekatan Saintifik Pada Materi Struktur Bumi dan Dinamikanya Untuk Pembelajaran di Smpen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record