• Login
    View Item 
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    •   Home
    • UNDERGRADUATE THESES (Koleksi Skripsi Sarjana)
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kesalahan Penggunaan Ejaan dan Tanda Baca Dalam Karangan Bebas Siswa Kelas IV SDN Baratan 01 Jember

    Thumbnail
    View/Open
    Pipit Ayu Ningrum 160210204121_.pdf (4.976Mb)
    Date
    2020
    Author
    NINGRUM, Pipit Ayu
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Bahasa merupakan sarana yang cukup penting dalam segala aspek kehidupan, khususnya dalam aspek pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini memfokuskan pada salah satu keterampilan berbahasa yaitu keterampilan menulis. Namun didalam pelaksanaannya terdapat permasalahan yang sering ditemui oleh guru dalam mengajarkan bahasa, terutama dalam hal mengarang yang termasuk dalam keterampilan menulis yang masih sering terjadi, misalnya dalam penggunaan ejaan huruf kapital dan tanda baca. Analisis kesalahan berbahasa adalah suatu rangkaian aktivitas dalam mengumpulakan, mengidentifikasi, mengklasifikasi, menjelaskan, dan mengevaluasi kesalahan berbahasa. Analisis kesalahan berbahasa dapat dilakukan oleh guru untuk mengevaluasi hasil pekerjaan siswanya, dengan tujuan untuk mengevaluasi pembelajaran yang diberikan. Hasil observasi awal pada siswa kelas IV, terdapat beberapa siswa yang melakukan kesalahan berbahasa saat menulis. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Jenis kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca dalam karangan bebas siswa kelas IV?, penyebab kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca dalam karangan bebas siswa kelas IV? dan persentase kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca dalam karangan bebas siswa kelas IV?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca dalam karangan bebas siswa kelas IV, untuk mendeskripsikan penyebab terjadinya kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca dalam karangan bebas siswa kelas IV, dan untuk mengetahui persentase kesalahan penggunaan ejaan dan tanda baca dalam karangan bebas siswa kelas IV. Penelitian ini dilakukan di SDN Baratan 01 Jember pada tanggal 26 Februari 2020. Rancangan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif, sedangkan jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Data yang diperoleh melalui dokumentasi adalah hasil penulisan siswa dan data diri siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari tiga proses, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis karangan siswa, kesalahan penulisan huruf kapital meliputi kesalahan penulisan pada judul karangan, kesalahan penulisan unsur nama orang, kesalahan penulisan huruf nama tahun, bulan, hari, dan hari besar atau hari raya, kesalahan penulisan kata di awal kalimat, kesalahan penulisan nama geografis, dan kesalahan penulisan kata yang menunjukkan hubungan kekerabatan. Kesalahan penggunaan tanda baca meliputi kesalahan penggunaan tanda titik (.), kesalahan penggunaan tanda koma (,), kesalahan penggunaan tanda tanya (?), kesalahan penggunaan tanda seru (!), kesalahan penggunaan tanda hubung (-), kesalahan penggunaan tanda petik ganda (“…”). Kesimpulannya adalah kemampuan siswa dalam penggunaan huruf kapital dan tanda baca secara keseluruhan masih banyak kesalahan yang dilakukan. Presentasi kesalahan penggunaan huruf kapital dalam karangan bebas pada siswa kelas IV termasuk kategori kesalahan tinggi dengan presentase 72,8% dan kesalahan penggunaan tanda baca termasuk kategori kesalahan sedang dengan presentase 40,4%. Penyebab kesalahan penggunaan huruf kapital dan tanda baca pada karangan bebas siswa kelas IV SDN Baratan 01 Jember antara lain kurang pahamannya siswa mengenai aturan penggunaan huruf kapital dan tanda baca, sikap siswa yang kurang peduli siswa akan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar, rendahnya minat baca siswa, dan kurangnya perhatian orang tua siswa. Saran dari penelitian ini adalah sebaikanya guru serta sekolah lebih meningkatkan kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai dengan aturan berbahasa.
    URI
    http://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102888
    Collections
    • UT-Faculty of Teacher Training and Education [15392]

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository
     

     

    Browse

    All of RepositoryCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    LoginRegister

    Context

    Edit this item

    UPA-TIK Copyright © 2024  Library University of Jember
    Contact Us | Send Feedback

    Indonesia DSpace Group :

    University of Jember Repository
    IPB University Scientific Repository
    UIN Syarif Hidayatullah Institutional Repository