Show simple item record

dc.contributor.advisorWINDRADINI, Dwi
dc.contributor.advisorSISBINTARI, Ika
dc.contributor.authorALAM, Media Sabda
dc.date.accessioned2020-12-23T02:26:03Z
dc.date.available2020-12-23T02:26:03Z
dc.date.issued2020
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102883
dc.description.abstractSumber Daya Manusia merupakan aspek yang paling potensial untuk menyiapkan keberhasilan perusahaan kedepan. Sumber Daya Manusia yang unggul dan mempunyai kompetensi yang tinggi akan memberikan dampak yang positif bagi perusahaan demi menjaga keberlangsungan perusahaan. Nilai-nilai yang dibangun di dalam diri seorang karyawan akan berdampak pada kepuasan kerja sehingga menimbulkan hasil kerja yang baik. Motivasi sangat diperlukan bagi karyawan demi kepuasannya dalam bekerja di perusahaan. Sebuah perusahaan harus mempertimbangkan kondisi karyawan pada saat peningkatan pelayanan. Rasa puas dalam bekerja dapat diperoleh dari motivasi yang diberikan suatu perusahaan. Perusahaan PT. Roda Sakti Surya Megah Jember yang memliki banyak jumlah karyawan yang tersebar di wilayah Jember mempunyai motivasi yang berbeda-beda dalam hal kepuasan bekerja. Namun, ada beberapa faktor yang memungkinkan seorang karyawan yang berada pada bagian penjualan PT. Roda Sakti Surya Megah Jember memiliki kecenderungan untuk tidak puas dalam bekerja. Jika dilihat dari segi pendapatan, karyawan bagian penjualan relatif tidak stabil dan cenderung berubah-ubah, hal tersebut dikarenakan penghasilan yang mereka peroleh bergantung dari banyaknya penjualan yang mereka lakukan. Selain itu, beberapa kemungkinan faktor lain yang dapat menyebabkan karyawan pada bagian penjualan kurang puas dalam bekerja seperti persaingan yang tinggi dengan perusahaan lain yang bergerak di bidang penjualan motor, banyaknya tekanan dan jumlah target yang harus dipenuhi, ataupun faktor lainnya. Untuk itu, dalam hal motivasi perlu adanya perhatian yang lebih bagi karyawan bagian penjualan agar tetap bekerja di perusahaan dengan efektif dan efisien tanpa ada rasa beban dalam pekerjaannya. Teori Herzberg, faktor - faktor yang dapat memotivasi kayawan adalah faktor intrinsik dan ekstrinsik. Penelitian ini akan berfokus pada teori dua faktor Herzberg yaitu faktor instrinsik: kemajuan, prestasi, pengakuan, pertumbuhan, kerja itu sendiri, tanggung jawab dan faktor ekstrinsik: administrasi dan kebijakan perusahaan, hubungan dengan atasan, kondisi kerja, keamanan, gaji dan hubungan antar karyawan serta bagaimana pengaruhnya bagi kepuasan kerja karyawan bagian penjualan pada PT. Roda Sakti Surya Megah Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis regresi linier berganda untuk mengetahui pengaruh dari dua variabel independen yaitu faktor intrinsik dan ekstrinsik Herzberg terhadap variabel dependen yaitu kepuasan kerja karyawan bagian penjualan pada PT. Roda Sakti Surya Megah Jember. Sampel pada penelitian ini menggunakan rumus Slovin yaitu dari jumlah populasi sebanyak 76 dapat diperleh sampel sebanyak 43 karyawan. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis (uji t) dan uji F (simultan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik pada teori Herzberg secara parsial (uji t) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan kerja karyawan bagian penjualan PT. Roda Sakti Surya Megah dengan nilai t hitung pada faktor intrinsik adalah sebesar 5,251 dan faktor ekstrinsik adalah sebesar 2,216 dan diketahui nilai t tabel adalah sebesar 2,021 yang artinya kedua nilai t hitung tersebut lebih besar dari t tabel. Uji Simultan (F) dalam pengujian ini juga menggunakan tingkat signifikansi sebesar 0,05 (α=5%). Hasil uji F dapat disimpulkan bahwa variabel independen secara bersama – sama berpengaruh signifikan terhadap variabel dependen dengan nilai F adalah 59,537 dan nilai signifikansi sebesar 0,00. Hasil tersebut menjelasakan secara simultan adanya pengaruh faktor intrinsik dan ekstrinsik Herzberg terhadap kepuasan kerja karyawan bagian penjualan pada PT. Roda Sakti Surya Megah Jember.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries130910202026;
dc.subjectMotivatoren_US
dc.subjectIntrinsiken_US
dc.subjectEkstrinsiken_US
dc.subjectTeori Herzbergen_US
dc.subjectKepuasan Kerjaen_US
dc.subjectKaryawanen_US
dc.titlePengaruh Motivator Faktor Intrinsik dan Ekstrinsik (Teori Herzberg) Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Bagian Penjualan Pada PT. Roda Sakti Surya Megah Jemberen_US
dc.typeThesisen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record