Show simple item record

dc.contributor.authorDWI LESTARI
dc.date.accessioned2013-12-19T02:35:17Z
dc.date.available2013-12-19T02:35:17Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM090210204212
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10285
dc.description.abstractPenelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang menunjukkan aktivitas dan hasil belajar siswa SDN Arjasa 02 kurang optimal. Faktor penghambat siswa untuk memahami soal dan materi yang diberikan guru adalah metode pembelajaran yang kurang bervariasi dan aktivitas guru paling banyak mendominasi dalam proses pembelajaran. Akibatnya siswa menjadi pasif sehingga siswa malas belajar yang menyebabkan hasil belajarnya rendah (dibawah kriteria ketuntasan minimal yang ditentukan sekolah yaitu 65). Berdasarkan hasil nilai ulangan harian pada observasi awal dengan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 51,85% sedangkan rata-rata kelas hanya mencapai 58,15. Oleh karena itu perlu dilaksanakan model pembelajaran kooperatif teknik dua tinggal dua tamu (Two Stay Two Stray) sebagai pembelajaran alternatif. Penelitian ini dilakukan dengan merumuskan masalah bagaimanakah peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Arjasa 02 melalui penerapan pembelajaran kooperatif teknik TSTS pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kepahlawanan dan patriotisme semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Arjasa 02 melalui penerapan pembelajaran kooperatif teknik TSTS pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kepahlawanan dan patriotisme semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012. Hipotesis tindakan yang dirumuskan adalah jika guru menerapkan model pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray (TSTS) dalam pembelajaran IPS pokok bahasan kepahlawanan dan patriotisme, maka aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Arjasa 02 tahun pelajaran 2011/2012 meningkat. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan di SDN Arjasa 02 Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas IV semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 sebanyak 27 siswa yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Peneliti dibantu oleh 3 observer. Penelitian dilaksanakan mulai tanggal 16 Agustus 2011 sampai tanggal 10 Desember 2011. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Hal-hal yang dilakukan pada setiap siklus adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Analisis data dalam penelitian ini mengggunakan analisis data statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa meningkat setelah pembelajaran kooperatif teknik Two Stay Two Stray diterapkan. Siklus I 22,22% siswa termasuk sangat aktif. Siklus II terdapat 37,04% siswa sangat aktif dan tidak ada siswa yang tidak aktif. Kriteria siswa aktif pada siklus II meningkat menjadi 18,52%. Hasil belajar siswa dilihat dari ketuntasan klasikal yang dicapai pada siklus II adalah sebesar 88,89%, sedangkan pada siklus I sebesar 77,78%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif teknik TSTS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Arjasa 02 Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember pada mata pelajaran IPS pokok bahasan kepahlawanan dan patriotisme semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012. Berdasarkan hasil penelitian tentang penerapan pembelajaran kooperatif teknik TSTS pada siswa kelas IV SDN Arjasa 02, maka dapat diberikan saran bahwa siswa sebaiknya dijadikan subjek pembelajaran kooperatif teknik TSTS sehingga dapat memberikan pengalaman belajarnya. Bagi guru dan bagi peneliti yang akan mengadakan penelitian ilmiah di bidang pendidikan selanjutnya serta pihak sekolah terkait hendaknya menerapkan pembelajaran ini sebagai alternatif pembelajaran di kelas untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries090210204212;
dc.subjectModel Cooperative Learning dengan Teknik Two Stay Two Strayen_US
dc.titlePENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING DENGAN TEKNIK TWO STAY TWO STRAY (TSTS) UNTUK PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN KEPAHLAWANAN DAN PATRIOTISME PADA SISWA KELAS IV SDN ARJASA 02 SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record