Show simple item record

dc.contributor.authorDian Novitarini
dc.date.accessioned2013-12-19T02:24:45Z
dc.date.available2013-12-19T02:24:45Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM080210204121
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10282
dc.description.abstractKegiatan pembelajaran di SDN Rambigundam 03 Jember kurang meningkatkan keaktifan siswa, terutama dalam pembelajaran IPS sehingga aktivitas dan hasil belajar siswa rendah. Hal ini disebabkan karena dalam pembelajaran seharíhari guru lebih banyak menjelaskan secara lisan, tertulis di papan tulis, dan pemberian kesempatan bertanya ketika guru mengajar, hanya direspon oleh sebagian kecil siswa. Ketika guru melakukan tanya jawab dengan siswa, hanya ada tiga orang siswa yang bisa menjawab pertanyaan guru dengan benar. Oleh karena itu, guru harus membantu siswa untuk mengatasi masalah tersebut yaitu dengan menggunakan model pembelajaran yang bervariasi dan sesuai dengan materi maupun karakteristik siswa. Metode Problem Based Learning adalah suatu pendekatan pengajaran yang menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berfikir kritis dan keterampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang penting dari materi pelajaran. Media gambar adalah segala sesuatu yang diwujudkan secara visual ke dalam bentuk 2 dimensi sebagai curahan ataupun pikiran yang bermacam-macam. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: (1) bagaimanakah penerapan metode Problem Based Learning dan media gambar dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas III SDN Rambigundam 03 Jember dalam pembelajaran IPS?, (2) bagaimanakah penerapan metode Problem Based Learning dan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Rambigundam 03 Jember dalam pembelajaran IPS?. Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka, tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa dengan penerapan metode Problem Based Learning dan media gambar siswa kelas III SDN Rambigundam 03 Jember dalam pembelajaran IPS, (2) untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan metode Problem Based Learning dan media gambar siswa kelas III SDN Rambigundam 03 Jember dalam pembelajaran IPS. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SDN Rambigundam 03 Jember yang terdiri dari 35 siswa. Siswa dibagi menjadi 5 kelompok yang heterogen. Jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan sebanyak 2 siklus. Desain penelitian ini mengacu pada model Kemmis & McTaggart yang terdiri dari empat fase yaitu: perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Pengambilan data dilakukan mulai tanggal 1 Agustus 2011 sampai dengan 18 Agustus 2011 dengan subjek penelitian siswa kelas kelas III SDN Rambigundam 03 Jember. Data yang dikumpulkan berupa penilaian aktivitas dan tes individu siswa. Pada siklus 1, persentase aktivitas belajar siswa sebesar 45% dalam kategori cukup aktif sedangkan pada siklus 2 sebesar 61,07% dalam kategori aktif. Persentase hasil belajar siswa pada siklus 1 mencapai 64% dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 62,86%. Pada siklus 2, hasil belajar siswa secara klasikal mencapai 70,43%, dan persentase ketuntasan klasikal sebesar 91,43% sehingga secara klasikal memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SDN Rambigundam 03 Jember. Kesimpulan dari penelitian ini adalah siswa mengalami peningkatan aktivitas dan hasil belajar serta ketuntasan hasil belajar pada pokok bahasan lingkungan alam dan buatan. Peningkatan persentase aktivitas siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 16,07%, sedangkan peningkatan persentase hasil belajar sebesar 6,43% dan ketuntasannya sebesar 28,57%. Oleh karena itu penelitian di SDN Rambigundam 03 Jember tuntas. Maka berdasakan hasil penelitian disarankan agar guru dapat mencoba metode Problem Based Learning dan media gambar pada materi lain untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dan guru memberikan pengalaman bahwa penerapan metode dan media itu bermanfaat ketika proses pembelajaran berlangsung.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204121;
dc.subjectHasil Belajar IPS Pokok Bahasan Lingkungan Alam dan Buatanen_US
dc.titlePENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPS POKOK BAHASAN LINGKUNGAN ALAM DAN BUATAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS III SDN RAMBIGUNDAM 03 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record