dc.description.abstract | PS
merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan di Sekolah Dasar
yang mengkaji
seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan
dengan isu sosial.
Tujuan pengajaran pengetahuan sosial di SD ditujukan bagi
pembinaan generasi penerus usia dini agar memahami potensi dan peran dirinya
dalam berbagai tata kehidupannya dan berfungsi mengembangkan pengetahuan dan
keterampilan dasar untuk melihat kenyataan sosial yang dihadapi siswa dalam
kehidupan sehari
-hari. Berdasarkan observasi pendahuluan dan wawancara dengan
guru kelas V SDN
Suko Jember 02 Jember, diketahui bahwa aktivitas belajar siswa
dalam pembelajaran IPS masih rendah. Aktivitas belajar siswa dikatakan kurang aktif
karena interaksi siswa dengan guru, interaksi siswa dengan siswa, dan interaksi siswa
dengan sum
ber belajar masih rendah, sedangkan hasil belajar siswa dikatakan masih
rendah
karena hasil belajar siswa masih dibawah KKM.
Aktivitas
dan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan jika digunakan strategi
pembelajaran yang tepat. Penerapan pendekatan keterampilan proses dengan
memanfaatkan lingkungan diterapkan pada pembelajaran IPS agar siswa dapat
memperoleh pemahaman secara langsung dalam proses belajar mengajar sehingga
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa
.
Rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah:1)
bagaimana penerapan pendekatan keterampilan proses dengan menggunakan
lingkungan pada siswa kelas V SDN Suko Jember 02 Jember tahun pelajaran 2011
2012
?; 2) bagaimana peningkatan aktivitas be
lajar siswa kelas V dengan penerapan
viii
pendekatan keterampilan proses dengan menggunakan lingkungan setempat dalam
pembelajaran IPS di SDN Suko Jember 02 Jember tahun pelajaran 2011-2012 ?; 3)
bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas V setelah mengiku
ti proses
pembelajaran IPS dengan diterapkannya pendekatan keterampilan proses dengan
menggunakan lingkungan setempat di SDN Suko Jember 02 Jember tahun pelajaran
2011
-2012 ?
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan
penera
pan pendekatan keterampilan proses dengan menggunakan lingkungan
setempat pada siswa kelas V SDN Suko Jember 02 Jember, 2) meningkatkan
aktivitas belajar siswa
dalam proses pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Suko
Jember 02 Jember dengan penerapan pen
dekatan keterampilan proses dengan
menggunakan lingkungan setempat
, 3) meningkatkan persentase peningkatan hasil
belajar IPS pada siswa kelas V SDN Suko Jember 02 Jember setelah mengikuti
pembelajaran dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses
menggunakan
lingkungan setempat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V
Suko Jember 02 Jember
melalui penerapan pendekatan keterampilan proses dengan
menggunakan lingkungan setempat
mengalami peningkatan. Berdasarkan analisis
terhadap aktivitas siswa
, diketahui bahwa pada siklus I persentase aktivitas klasikal
mencapai
65% dengan aktif, sedangkan pada siklus II persentase aktivitas klasikal
mencapai 85% dalam kategori sangat aktif. Selain peningkatan terhadap aktivitas
belajar,
hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS juga mengalami peningkatan.
Persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 6
0% dengan rata-rata nilai 70,4
sedangkan pada siklus II persentase hasil belajar si
swa sebesar 80% dengan rata-rata
nilai
77,1. Saran peneliti berdasarkan hasil penelitian ini yaitu kita dapat
memanfaatkan sumber belajar ataupun media pembelajaran yang telah ada disekitar
dan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran unt
uk meningkatkan
aktivitas dan hasil belajar siswa. | en_US |