Show simple item record

dc.contributor.authorDian Fajarwati
dc.date.accessioned2013-12-19T02:22:02Z
dc.date.available2013-12-19T02:22:02Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.nimNIM080210204281
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10281
dc.description.abstractPS merupakan salah satu mata pelajaran yang diberikan di Sekolah Dasar yang mengkaji seperangkat peristiwa, fakta, konsep dan generalisasi yang berkaitan dengan isu sosial. Tujuan pengajaran pengetahuan sosial di SD ditujukan bagi pembinaan generasi penerus usia dini agar memahami potensi dan peran dirinya dalam berbagai tata kehidupannya dan berfungsi mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dasar untuk melihat kenyataan sosial yang dihadapi siswa dalam kehidupan sehari -hari. Berdasarkan observasi pendahuluan dan wawancara dengan guru kelas V SDN Suko Jember 02 Jember, diketahui bahwa aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran IPS masih rendah. Aktivitas belajar siswa dikatakan kurang aktif karena interaksi siswa dengan guru, interaksi siswa dengan siswa, dan interaksi siswa dengan sum ber belajar masih rendah, sedangkan hasil belajar siswa dikatakan masih rendah karena hasil belajar siswa masih dibawah KKM. Aktivitas dan hasil belajar siswa dapat ditingkatkan jika digunakan strategi pembelajaran yang tepat. Penerapan pendekatan keterampilan proses dengan memanfaatkan lingkungan diterapkan pada pembelajaran IPS agar siswa dapat memperoleh pemahaman secara langsung dalam proses belajar mengajar sehingga dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa . Rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah:1) bagaimana penerapan pendekatan keterampilan proses dengan menggunakan lingkungan pada siswa kelas V SDN Suko Jember 02 Jember tahun pelajaran 2011 2012 ?; 2) bagaimana peningkatan aktivitas be lajar siswa kelas V dengan penerapan viii pendekatan keterampilan proses dengan menggunakan lingkungan setempat dalam pembelajaran IPS di SDN Suko Jember 02 Jember tahun pelajaran 2011-2012 ?; 3) bagaimana peningkatan hasil belajar siswa kelas V setelah mengiku ti proses pembelajaran IPS dengan diterapkannya pendekatan keterampilan proses dengan menggunakan lingkungan setempat di SDN Suko Jember 02 Jember tahun pelajaran 2011 -2012 ? Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan penera pan pendekatan keterampilan proses dengan menggunakan lingkungan setempat pada siswa kelas V SDN Suko Jember 02 Jember, 2) meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam proses pembelajaran IPS pada siswa kelas V SDN Suko Jember 02 Jember dengan penerapan pen dekatan keterampilan proses dengan menggunakan lingkungan setempat , 3) meningkatkan persentase peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Suko Jember 02 Jember setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses menggunakan lingkungan setempat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V Suko Jember 02 Jember melalui penerapan pendekatan keterampilan proses dengan menggunakan lingkungan setempat mengalami peningkatan. Berdasarkan analisis terhadap aktivitas siswa , diketahui bahwa pada siklus I persentase aktivitas klasikal mencapai 65% dengan aktif, sedangkan pada siklus II persentase aktivitas klasikal mencapai 85% dalam kategori sangat aktif. Selain peningkatan terhadap aktivitas belajar, hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS juga mengalami peningkatan. Persentase hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 6 0% dengan rata-rata nilai 70,4 sedangkan pada siklus II persentase hasil belajar si swa sebesar 80% dengan rata-rata nilai 77,1. Saran peneliti berdasarkan hasil penelitian ini yaitu kita dapat memanfaatkan sumber belajar ataupun media pembelajaran yang telah ada disekitar dan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif pembelajaran unt uk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries080210204281;
dc.subjectPendekatan Keterampilan Pro ses dengan Menggunakan Lingkungan Setempaten_US
dc.titlePENERAPAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DENGAN MENGGUNAKAN LINGKUNGAN SETEMPAT DALAM PEMBELAJARAN IPS UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SDN SUKOJEMBER 02 JEMBER TAHUN PELAJARAN 2011-2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record