Show simple item record

dc.contributor.advisorPRIHANDONO, Trapsilo
dc.contributor.advisorHARIJANTO, Alex
dc.contributor.authorBARIROH, Wasilatul
dc.date.accessioned2020-12-20T13:43:59Z
dc.date.available2020-12-20T13:43:59Z
dc.date.issued2020-03-01
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/102788
dc.description.abstractFisika merupakan pelajaran yang dapat menumbuhkan berfikir siswa, yang mampu menyelesaikan permasalahan atau fenomena alam yang terjadi di daerah sekitar kita dalam kehidupan sehari-hari. Fisika merupakan bagian dari sains, yang berkaitan dengan mencari tahu tentang fenomena alam secara sistematis. Sehingga IPA tidak hanya mengumpulkan penguasaan pengetahuan yang berupa fakta-fakta, konsep-konsep, prinsip-prinsip saja melainkan juga merupakan proses penemuan. Selain itu, salah satu tujuan pembelajaran fisika di sekolah adalah mengembangkan kemampuan berfikir yaitu kemampuan berfikir tingkat tinggi, kemampuan berfikir tingkat tinggi melibatkan berfikir kritis dan kreatif. Kemampuan berfikir tingkat tinggi merupakan salah satu potensi yang sangat diperlukan oleh peserta didik, pada zaman perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi seperti sekarang ini, karena selain IPTEK yang dapat dinikmati, teknologi ternyata juga timbul beberapa permasalahan bagi manusia dan lingkungan. Namun upaya untuk melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa sering terjadi kesalahan dari seorang guru. Hal ini terlihat pada kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh seorang guru yang lebih banyak menggunakan metode pembelajaran konvensional, hal tersebut akan membuat siswa kurang memiliki kesempatan untuk mengembangkan keterampilan berfikirnya, sehingga perlu adanya solusi dari hal tersebut. Berdasarkan permasalahan diatas, maka diberikan alternative solusi yaitu pembelajaran yang menerapkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) mengkaji efektivitas penggunaan model Problem Based Learning terhadap hasil belajar siswa dan 2) mengetahui peningkatan berfikir tingkat tinggi dengan menggunakan model Problem Based Learning.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilakukan di SMA Negeri Ambulu Jember. Dalam hal ini sebelum pemilihan sampel perlu mengetahui nilai rata-rata fisika kelas XI MIPA pada materi sebelumnya dan penentuan sampel menggunakan purposive sampling area dan menggunakan desain group pretest posttest design dengan metode pengumpulan data meliputi tes, observasi, dan wawancara serta menggunakan analisis data teknik uji t berbantuan SPSS 23. Adapun melihat nilai rata-rata fisika kelas XI MIPA di ambil nilai rata-rata paling tinggi sebagai kelas eksperimen yaitu kelas XI MIPA 5. Setelah di uji Independent Samples T-test diketahui bahwa nilai hasil belajar siswa kelas eksperimen memiliki sig. (2- tailed) 0,000 < 0,05, berdasarkan kriteria pengujian p < 0,05 maka Ho yang berbunyi nilai rata-rata hasil belajar siswa nilai pre-test dan nilai post-test tidak berbeda signifikan ditolak sehingga Ha diterima. Dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diterapkan model Problem Based Learning (PBL). Penilaian diambil dari perolehan hasil mengerjakan soal pre-test dan post-test pada saat kegiatan pembelajaran. nilai pre-test diambil diawal sebelum kegiatan pembelajaran dan nilai post-test diambil setelah kegiatan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning (PBL), dalam hal ini terjadi peningkatan nilai dari pre-test ke post-test pada kelas eksperimen. Nilai pre-test rata ratanya sebesar 64 masuk dalam kriteria cukup, sedangkan nilai post-test rata-ratanya 91 masuk dalam kriteria sangat baik. Perolehan nilai juga dilihat dari hasil observasi selama pembelajaran di kelas seperti saat kegiatan diskusi kelompok dan perolehan hasil belajar siswa dengan peningkatan (N-gain) pada kelas eksperimen yaitu sebesar 0,75.en_US
dc.language.isoInden_US
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Fisika Jurusan Pendidikan Mipa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember 2020en_US
dc.relation.ispartofseries150210102118;
dc.subjectefektifitas model problem based learning (Pbl)en_US
dc.subjectmodel problem based learning (Pbl)en_US
dc.subjectbased learning (Pbl)en_US
dc.subjectmateri thermodinamikaen_US
dc.subjectthermodinamikaen_US
dc.titleEfektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Dan Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Materi Termodinamikaen_US
dc.typeThesisen_US
dc.identifier.kodeprodi2101021


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record