Show simple item record

dc.contributor.authorDEWI ISNAINI
dc.date.accessioned2013-12-19T02:11:50Z
dc.date.available2013-12-19T02:11:50Z
dc.date.issued2013-12-19
dc.identifier.urihttp://repository.unej.ac.id/handle/123456789/10276
dc.description.abstractMotivasi belajar merupakan kondisi yang menggerakkan siswa agar mampu mencapai tujuan. Rasa percaya diri yang besar akan muncul seiring penguasaanpenguasaan siswa lamban terhadap materi ajar. Jika ini dapat dipertahankan dalam setiap pembelajaran yang dilakukan oleh guru, maka motivasi belajar intrinsik akan muncul secara perlahan dan segera memberikan efek balik yang luar biasa bagi siswa lamban tersebut dan bahkan seluruh kelas. Media pembelajaran merupakan alat bantu mengajar yang dapat membantu optimalisasi dalam proses belajar mengajar. Penggunaan media pembelajaran dalam menjelaskan materi pelajaran khususnya mata pelajaran IPS dapat mempermudah pemahaman siswa terhadap suatu materi sehingga pengetahuan yang diperoleh bersifat kongkrit. Media Replika Dokumen Berharga dipilih guru karena guru ingin menghadirkan benda nyata ke dalam kelas,oleh sebab itu guru menggunakan media sebagai media Replika Dokumen Berharga dalam menjelaskan obyek-obyek tersebut dalam pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penggunaan model pembelajaran konstruktivistik pada pelajaran IPS dengan media replika dokumen berharga dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas II SDN Banyuputih Lor 01. Tujuan dari penelitian adalah meningkatkan motivasi belajar siswa pada pelajaran IPS dengan Mengintensifikasi penggunaan model pembelajaran konstruktivistik dengan media replika dokumen berharga SDN Banyuputih Lor 01. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus pada 08 Agustus 2011 dan 11 Agustus 2011. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi, tes, dan catatan lapangan. Data yang dianalisis dalam penelitian ini adalah hasil motivasi belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, masih ditemukan beberapa hambatan pada kegiatan siklus I. Hambatan yang ditemukan adalah: a) masih ada beberapa siswa tersebut tidak melakukan pengamatan dengan sungguh-sungguh, b) masih banyak siswa banyak bergurau dan melihat pekerjaan kelompok lain, c) siswa masih terkesan malu -malu karena siswa belum tebiasa, hanya beberapa siswa tertentu yang aktif mengeluarkan pendapatnya, d) siswa masih malu dan takut salah untuk mengeluarkan pendapatnya. Adapun data hasil observasi siklus I yang diperoleh yaitu persentase motivasi siswa mencapai 54,5 %. Kurangnya persentase motivasi siswa, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model konstruktivistik dengan media replika berharga belum dapat dikatakan berhasil untuk meningkatkan kemampuan motivasi siswa. Dengan adanya perbaikan pada siklus II, model konstruktivistik dengan media replika berharga dapat meningkatkan kemampuan motivasi siswa. Data yang diperoleh dari observasi siklus II yaitu persentase kemampuan motivasi siswa mencapai 72 %. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah penggunaan model konstruktivistik dengan media replika berharga dapat meningkatkan motivasi siswa dalam kegiatan pembelajaran, karena siswa terlihat lebih semangat dalam pembelajaran, selain itu siswa tertarik dengan media yang disajikan guru sehingga mempermudah siswa untuk memahami materi yang di ajarkan. Siswa juga terlihat senang dalam mengikuti pelajaran, terutama dalam melakukan pengamatan. Disarankan kepada guru kelas II, agar dapat menggunakan model konstruktivistik dalam kegiatan pembelajaran.en_US
dc.language.isootheren_US
dc.relation.ispartofseries90210204141;
dc.subjectModel Pembelajaran Konstruktivistik dengan Media Replika Dokumen Berhargaen_US
dc.titleMENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS II PADA PELAJARAN IPS TEMA DIRI SENDIRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISTIK DENGAN MEDIA REPLIKA DOKUMEN BERHARGA SDN BANYUPUTIH LOR 01 TAHUN PELAJARAN 2011/2012en_US
dc.typeOtheren_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record